UIR Bekerjasama dengan Brunei Darussalam Buka Fakultas Pertanian

Pekanbaru (Nadariau.com) – Rektor Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam Dr Haji Norarfan bin Haji Zainal meminta bantuan Universitas Islam Riau untuk membuka Fakultas Pertanian.

Bantuan tersebut sekaligus merealisasikan kerjasama UIR-UNISSA yang diteken kedua Rektor dalam Majlis Penandatanganan Memorandum Persefahaman (MoU) di Kampus UNISSA Bandar Seri Begawan pada Juli 2019.

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL membenarkan kalau dirinya dikirimin pesan melalui whatshap oleh Rektor UNISSA terkait dengan rencana universiti itu membuka Fakultas Pertanian.

Dalam pesan itu, kata Syafrinaldi, Rektor UNISSA mengabarkan bahwa Sultan Brunei berkunjung ke kampusnya tanpa jadwal pada Selasa (12/10 2020) kemarin.

”Antara lain yang dititahkan oleh Baginda Sultan kepada Rektor Norarfan adalah penumbuhan Fakulti Pertanian di UNISSA. Dan, lalu rektor menyampaikan kepada saya kiranya ada teman-teman dari UIR yang bersedia membantu,” ujar Rektor Syafrinaldi melalui pesan whatshapp kepada Kepala Bagian Humas Syafriadi pada Rabu malam (13/10 2020).

Syafrinaldi menyatakan, pihaknya dengan senang hati akan membantu UNISSA membuka Fakultas Pertanian. Ia bahkan menyebut, rencana pembukaan Fakultas Pertanian ini sudah disampaikan Rektor UNISSA kepada dirinya tahun lalu.

Atau beberapa bulan setelah dirinya menanda-tangani MoU bersama Rektor Haji Norarfan bin Haji Zainal.

”Kita akan membantu UNISSA sesuai kebutuhan dan bantuan ini sekaligus merupakan realisasi dari kerjasama yang telah kita tabalkan tahun lalu,” ucap Rektor.

Tentang bentuk bantuan yang akan diberikan, Syafrinaldi mengaku masih harus berkomunikasi lagi dengan rekannya Rektor Haji Norarfan.

”Saya kira penubuhan ini penting karena UNISSA termasuk salah satu universiti besar di Brunei Darussalam. Mereka memiliki bangunan kampus baru dengan lahan seluas 3.200 hektar,” imbuh Syafrinaldi. (ind)