Dosen UMRI Antisipasi Pernikahan Dini dan Pelatihan Public Speaking

Kampar (Nadariau.com) – Kabupaten Kampar merupakan salah satu daerah yang memiliki angka pernikahan dini yang cukup tinggi di Provinsi Riau.

Hingga saat ini, begitu banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat pernikahan dini seperti angka perceraian yang semakin tinggi, rantai kemiskinan yang menjadi-jadi, serta gangguan mental bagi pasangan suami istri itu sendiri.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pernikahan dini, diantaranya faktor pendidikan, faktor adat istiadat, faktor orangtua, faktor ekonomi dan faktor pergaulan (hamil diluar nikah).

Untuk itu, perlu dilakukan edukasi mendalam terkait pernikahan dini tersebut. Hal itulah yang dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang terdiri dari Ketua Tim yakni Raja Widya Novchi S.I.Kom., M.Soc.Sc, dengan beranggotakan Khusnul Hanafi, S.I.Kom., M.Soc.Sc.

Serta melibatkan dua orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Hubungan Masyarakat yaitu Wahyu Fitria dan Inggrid Viviana Diza. Kegiatan ini diadakan di Kampar, Riau, Minggu (11/10/20).

Selain itu, pengabdian masyarakat yang dilakukan Dosen UMRI tersebut juga melaksanakan pelatihan public speaking.

Mengingat perkembangan zaman yang semakin digitalisasi, soft skill harus ditingkatkan, salah satunya adalah public speaking.

Sehingga penting bagi tim pengabdian untuk turut mempersiapkan bibit-bibit speaker muda.

Peserta pengabdian terdiri dari siswa dan siswi SMAN 1 Kampar, perwakilan masyarakat dan perangkat desa untuk turut  hadir dan berdiskusi tentang kegiatan ini.

Raja Widya Novchi S.I.Kom., M.Soc.Sc selaku ketua tim pengabdian masyarakat mengatakan bahwa pengabdian masyarakat ini tidak hanya mendukung kemampuan akademik peserta tetapi juga membantu membuka pola pikir mereka.

Ia juga berharap, kegiatan pengabdian masyarakat ini berdampak signifikan bagi peserta yang terlibat. Sehingga kedepannya, semakin banyak generasi muda yang siap dalam menggapai cita-cita. (pia)