Gubri Lepas 115 Mahasiswa Riau ke  Institut Agama Islam Tazkia Bogor untuk Ciptakan Hafiz Quran

Pekanbaru (Nadariau.com) – Gubernur Riau Syamsuar melepas mahasiswa Riau ke Institut Agama Islam Tazkia Bogor. Jumlah mahasiswa yang dilepas Gubernur Riau berjumlah 115 orang dari 12 kabupaten /kota di Riau.

Dalam sambutanya, Gubernur Riau H Syamsuar berharap, program beasiswa ke Institut Agama Islam Tazkia Bogor ini bisa melahirkan lulusan yang mempunyai jiwa entrepreneur berbasis syariah dan hafiz alquran.

Mahasiswa yang menerima beasiswa dari Pemprov Riau ini bisa menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan bersungguh sungguh menimba ilmu. Selain itu, tetap jaga nama baik daerah, orangtua. Tunjukan anak anak Riau punya semangat tinggi menuntut ilmu, kapan dan dimana saja berada.

“Saya inginkan setelah tamat, anak anak Riau bisa menjadi entrepreneur muda berbasis syariah dan penghafal Alqur’an yang kelak nantinya bisa bermanfaat bagi daerah, bangsa dan agama,” kata Gubri, Rabu (9/9) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram mengatakan 115 mahasiswa Riau ini terlebih dahulu mengikuti seleksi yang dilakukan oleh Institut Agama Islam Tazkia Bogor.

Dari 115 mahasiswa, Siak merupakan jumlah peserta terbanyak yakni 16 orang, disusul Kuansing sebanyak 13 orang, Inhil 12 orang, Rohil sebanyak 12 orang, Kampar 10 orang, Inhu 10 orang, Rohul 8 orang, Kepulauan Meranti 8 orang, Pekanbaru 8 orang, Bengkalis 7 orang, Dumai 7 orang dan Pelalawan 4 orang.

Para mahasiswa ini menerima beasiswa hingga menamatkan pendidikan selama 8 semester.

Biaya yang ditanggung oleh Disdik Riau mulai dari biaya operasional pendidikan, biaya asrama, biaya pembelajaran Alquran, biaya buku pendidikan dan biaya asuransi kesehatan dengan total keselurahan mencapai Rp 20 milyar lebih.

“Jadi beasiswa yang diberikan sampai mereka menamakan pendidikan dengan harapan setelah tamat mereka akan menjadi enterprenuer berbasis syariah dan bisa menjadi hafiz quran untuk bisa mengabdi di Provinsi Riau,” kata Zul Ikram.

Zul Ikram berpesan kepada mahasiswa Riau yang sebentar lagi diberangkatkan menuntut ilmu di Institut Agama Islam Tazkia Bogor supaya menjaga amanah yang telah dititipkan oleh Provinsi Riau melalui Disdik Riau.

Taati peraturan yang berlaku secara akademik,  tetap jaga kesehatan, Istiqomah dalam menjalan tugas pendidikan yang diberikan oleh Pemprov Riau. (ind)