Tiga Daerah di Provinsi Riau Ditetapkan sebagai Proyek Listrik Tenaga Surya

Pekanbaru (Nadariau.com) – Tiga daerah di Provinsi Riau dipilih PT AfterFIT sebagai tempat mengembangan proyek pembangkit listrik tenaga surya berskala besar.

Tiga daerah tersebut yaitu, Kabupaten Siak, Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

“Pada tiga daerah ini kami menemukan tingginya tingkat radiasi cahaya matahari, sehingga cocok untuk proyek ini,” kata CEO PT Prima Khatulistiwa Sinergi, Alexander saat melakan pertemuan dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan PT AfterFIT Indonesia di Kediaman Gubernur Riau.

Alasan lain, disebutkannya, yakni masalah ketidakstabilan ketersediaan listrik pada tiga daerah ini, selain tidak adanya sistem jaringan listrik terkoneksi. Sementara tingkat kebutuhan listrik masyarakat terus meningkat.

Pembangkit listrik tenaga surya dianggap lebih releval dibangun pada daerah yang dominan datar. Ketiga daerah di Riau ini sudah memenuhi kriteria untuk dibangunnya pembangkit listri model itu dalam skala besar.

“Nantinya PT AfterFIT Indonesia akan masuk dan membuat satu perusahaan khusus untuk masing-masing daerah bersama partner lokal dan investor lain apabila ingin bergabung,” terangnya.

“Tingkat radiasi rata-rata di Indonesia itu sebesar 4.9 kwh per hari. Sedangkan di Jepang cuma 3.2 kwh per hari. Ada perbedaan cukup signifikan antara Jepang dan Indonesia. Jadi indonesia sangat signifikan sekali dalam hal ini,” ujarnya. (bpc/den)