Kadisdik Berharap LPMP Riau Sukses Wujudkan WBBM

Kadisdik Zul Ikram membubuhkan tanda tangan di papan Pakta Integritas LPMP Riau disaksikan Kepala LPMP Riau Yudi Nurman.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram berharap, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau sukses mewujudkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan bisa menularkannya ke lembaga-lembaga pemerintah lainnya termasuk instansi yang dipimpinnya.

“Semoga LPMP Riau bisa sukses mewujudkan WBBM dan bisa menularkannya kepada lembaga-lembaga pemerintah lainnya di Provinsi Riau termasuk Dinas Pendidikan,” kata Zul Ikram saat memberikan sambutan dalam kegiatan “Sosialisasi Penerapan WBBM dan Penandatanganan Pakta Integritas” di Aula Ki Hajar Dewantara LPMP Riau, Senin (13/7) siang.

Kegiatan juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Kepala LPMP Riau Yudi Nurman, S.Pd., M.B.A, Kepala Balai Bahasa Riau, BP Pauddikmas, kepala sub bagian serta pegawai.

Zul Ikram mengakui lembaganya sendiri belum bisa menyamai prestasi yang dicapai LPMP Riau yang sebelumnya telah sukses meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) akhir tahun lalu. Untuk itu ia berharap sudi kiranya LPMP Riau berbagi ilmu cara mewujudkan predikat ZI WBK sehingga bisa diikuti lembaga-lembaga lainnya.

“Semoga ZI WBK dan WBBM ini terus berkesinambungan tidak hanya di tataran rencana namun juga ke implementasi sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi guru-guru kita,” tambah Zul Ikram.

Dalam kesempatan itu LPMP Riau memaparkan upaya yang tengah dilakukan untuk mewujudkan predikat WBBM. Upaya tersebut diwujudkan dalam sejumlah program unggulan sesuai dengan 6 pengungkit yaitu Manajemen Perubahan, Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Akuntabilitas, Pengawasan, Pelayanan Publik.

Di antara program unggulan tersebut yaitu: SIMMUDIK, sistem informasi pemetaan mutu pendidikan di Riau, SEMAMPAI: sistem informasi hasil pendampingan LPMP Riau dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), SITUAH: untuk mengerjakan penatausahaan lembaga mendukung tatakelola.

sistem ini mengintegrasikan bagian Kepegawaian, Poliklinik, Keuangan, Barang Milik Negara (BMN) dan Umum, SIMMUDIK: Sistem Informasi Komunikasi Mutu Pendidikan serta aplikasi fasilitasi pendidikan menggunakan daring, sehingga guru-guru mendapatkan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 dan saat ini sudah mencapai angkatan keempat.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh pimpinan dan pegawai LPMP Riau diikuti stake holder yang hadir. (bud)