Kukerta Unri di Desa Sialang Sakti Peduli Sediakan Sembako untuk Masyarakat

Siak (Nadariau.com) – Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Kampung Sialang Sakti dari mahasiswa Universitas Riau (Unri) di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini tidak menjadi penghalang bagi kegiatan pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat yang lebih dikenal dengan istilah kukerta.

Dimana mahasiswa Unri yang tergabung dalam tim Relawan Desa Lawan Covid-19 telah berkontribusi dalam menangani pandemi yang melanda Indonesia saat ini.

Kampung Sialang Sakti tersebut beranggotakan lima orang mahasiswi. Yaitu Ayu Nurzayyana sebagai Ketua tim dari jurusan PGSD, Fifi Febrianti Nurfadzilah dari jurusan Manajemen, Diah Ayu Safitri dari jurusan Manajemen.

Kemudian Siti Nuraida dari jurusan Manajemen dan Windy Febriani dari jurusan Manajemen melaksanakan kukerta relawan desa lawan Covid -19 di Kampung Sialang Sakti, selama 15 hari.

“Dengan berbagai program kerja Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Kampung Sialang Sakti menumbuhkan dan menggerakkan semangat saling bahu membahu di masa pandemi ini,” kata Ayu, Selasa (23/6/2020).

Sebagai Tim Kukerta relawan, turut serta dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kampung Sialang Sakti.

Seperti melakukan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada masyarakat setempat, memberi edukasi tentang penerapan pola hidup bersih dan sehat sesuai protrokol kesehatan dan lain-lain.

Dimasa- masa sulit ini Tim Kukerta membuat wadah untuk saling memberikan, melalui bantuan Sembako bagi warga yang membutuhkan.

Tidak hanya dapat mengambil berbagai Sembako yang disediakan Tim Kukerta dan para warga dapat menyumbangkan Sembakonya ditempat tersebut.

“Selain itu Tim Kukerta menggalakan penggunaan masker, mencuci tangan setelah berpergian, jaga jarak, tidak berkerumun. Serta penyemprotan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh hingga gejala yang dirasakan bagi warga yang datang dari luar Kabupaten,” jelas Ayu.

Hal ini dilakukan sebagai upaya kontribusi dalam membantu memutus penyebaran rantai pandemi Covid-19 ini. Dengan dibantu relawan lain dari kampung Sialang Sakti.

Seperti Babinsa, Linmas, Karang Taruna dan didukung oleh Kepala Desa Iswanto Muhammad Alim. Kegitan Kukurta ini diikuti dan diterima dengan baik oleh masyarakat setempat. (dan)