Kedepan Dokumen Capil Penduduk Dikirim Melalui Kantor Pos di Peknbaru

PekanbaruĀ (Nadariau.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, kini tengah menjajaki kerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk mengantar langsung dokumen siap cetak ke rumah warga.

“Kalau sudah selesai MoU dengan kantor pos, kita akan coba antar ke warga yang tentu saja dengan alamat yang jelas dan punya nomor handphone,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Sabtu (13/6/2020).

Disampaikannya, kerjasama dengan kantor pos bertujuan meningkatkan pelayanan kepada warga serta mengantisipasi adanya penumpukan warga yang melakukan pengurusan berbagai dokumen kependudukan secara manual di MPP Dukcapil Jalan Jenderal Sudirman.

“Kalau dibuka secara manual, pasti menumpuk. Sementara kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan di saat new normal seperti menjaga jarak fisik
(physical distancing),” ungkapnya.

Disebutkan Irma, meski pihaknya turut memberikan pelayanan secara online, namun tetap saja banyak warga yang melakukan pengurusan secara langsung ke MPP Dukcapil di Jalan Jenderal Sudirman.

“Walaupun sudah melalui online, tetap banyak yang datang ke Disdukcapil. Kasihan warga agak terhambat mengambil dokumen yang sudah jadi karena jumlah pengurusan kita batasi setiap hari,” ucap dia.

Untuk itu, pihaknya terus mencari solusi bagaimana pelayanan berjalan maksimal dan protokol kesehatan penanganan Covid-19 tetap dipatuhi. Maka opsi kerjasama dengan kantor Pos pun diambil.

“Alhamdulillah kita dapat anggaran dari DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk pengantaran dokumen. Ini yang sedang kami jajaki dengan kantor Pos,” ujarnya.

Sesuai target, lanjut Irma, kerjasama pengantaran dokumen dengan kantor Pos sudah bisa dimulai pada Juni ini.

“Mudah-mudahan dalam bulan ini, sudah kita rekap daftar namanya. Tapi memang tidak seluruhnya, karena terbatas juga anggaran kita. Ada sekitar 2.500 kali antar,” tutupnya. (ind)