Masjid Al-Aqsa Kembali Dibuka Setelah Ditutup Akibat Pandemi Covid-19

Yerusalem (Nadariau.com) –  Setelah sempat ditutup lebih dua bulan akibat Pandemi virus Corona atau Covid-19, Kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem kembali dibuka Minggu (31/5/2020).

Berdasar pantauan AFP di situs paling suci ketiga bagi umat Islam setelah Mekkah dan Madinah itu, para jamaah diharuskan mengenakan masker untuk bisa memasuki kompleks masjid untuk melakukan salat Subuh berjamaah.

Direktur Masjid Omar al-Kiswani, menyambut langsung para jemaah dengan berterima kasih atas kesabaran mereka selama ini.

Diberitakan, Al-Aqsa yang berada di Yerusalem Timur termasuk dalam wilayah yang dicaplok oleh Israel, ditutup pada Maret sebagai langkah untuk menekan penyebaran covid-19.

Umat Muslim memercayai Masjid Al-Aqsa sebagai titik penting peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad.

Sementara itu, umat Yahudi juga menganggapnya suci karena percaya lokasi itu sebagai lokasi dua kuil suci, yang kedua dihancurkan pada tahun 70 Masehi.

Pada hari pertama Idulfitri, terjadi bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina.

Dikenal oleh kaum Muslim sebagai Haram al-Sharif, kompleks itu berada di bawah pengawasan Yordania, yang menguasai Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, hingga diduduki Israel dalam Perang Enam Hari tahun 1967.

Pihak Israel maupun Palestina mulai melakukan pelonggaran pembatasan di wilayah mereka, karena jumlah kasus Covid-19 menurun dalam beberapa hari terakhir. (cnn/nrc)

 98 total views