Pemda Rohil Terus Tingkatkan Pembangunan Jalan Ditingkat Desa

Rohil (Nadariau.com) – Prioritas Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Pemkab Rohil setiap tahunnya, yaitu pembangunan infrastruktur. Salah satunya infrastruktur jalan ditingkat desa.

Seperti halnya infrastruktur jalan penghubung antar desa di kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir. wilayah yang berada diatas permukaan air ini perlu mendapat perhatian, khusus di bidang infrastruktur jalan dalam memudahkan arus transportasi masyarakat.

Beberapa waktu lalu Bupati Rokan Hilir Suyatno didampingi beberapa pejabat lainnya sempat berkunjung ke wilayah tersebut untuk meresmikan sebuah jalan penghubung antar desa di kecamatan pasir limau kapas.

Jalan tanjung rukam kepenghuluan panipahan darat yang menghubungkan desa panipahan dan teluk pulai ini langsung diresmikan oleh Bupati Rokan Hilir Suyatno, didampingi sejumlah pejabat yang hadir saat itu.

Jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter ini di bangun oleh TNI yang bekerjasama dengan Pemda dan masyarakat setempat dengan menelan anggaran apbd sebesar 1,8 Miliyar rupiah.

“ alhamdulillah jalan yang sebelumnya rusak parah dan roboh akibat bencana alam ini akhirnya telah selesai kita bangun, ini berkat kerjasama kita dengan pihak TNI,“ sebut suyatno.

Menurut orang nomor satu di Rohil ini terkait dengan jalan yang baru dibangun tersebut sudah mirip dengan jalan nasional meskipun dibangun ditengan pemukiman masyarakat desa kepenghuluan.

“Ini sudah semacam jalan nasional, kenapa begitu, ini saya lihat sudah pakai les kuning ini,” ujar Suyatno.

Usai meresmikan jalan tanjung rukam kepenghuluan panipahan darat, Bupati Rohil Suyatno bersama pejabat lainnya juga meresmikan jembatan yang berada tidak jauh dari kediaman rumah dinas camat pasir limau kapas.

“Kita sudah meresmikan beberapa jalan dan jembatan di kecamatan pasir limau kapas, ini bentuk keseriusan pemda dalam mempermudah akses masyarakat dalam bertransportasi,“ katanya.

Meskipun di beberapa titik lainnya sejumlah jalan di kecamatan pasir limau kaps masih terdapat yang rusak, namun tetap mendapat perhatian serius dari pemda untuk di bangun ditahun berikutnya.

Di waktu yang sama Bupati Suyatno juga meninjau jalan penghubung antar kecamatan yang ambruk. jalan sepanjang 3 puluh meter ini ambruk sedalam tiga meter akibat digerus abrasi, ambruknya jalan penghubung antar desa ini membuat satu desa menjadi terisolir yakni desa sungai daun.

“Alhamdulilah pemerintah kecamatan bersama masyarakat steempat masih kompak dan mau membuat jalan darurat supaya arus transportasi menjadi lancar,“ sebutnya.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0321 Rohil Letkol Arh. Agung Rahman Wahyudi,S.I.P,MI.Pol. menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemda yang telah merangkul dalam merealisasikan pembangunan ini.

“Selain tgas pokok kami berperang, ti juga hadir dalam membantu pemerintah daerah dalam merealisasikan pembangunan,“ sebutnya .

Antusias masyarakat dalam membangun daerah juga sangat tingi sehingga ini mejadi dorongan dan semangat bagi prajurit dalam membangun daerah.

“Kami disambut dengan antusias oleh masyarakat sehingga kita bisa membangun jalan ini dengan maksimal untuk kepentingan bersama,” tambahnya.

Selain memprioritaskan infrastruktur desa, pemkab rohil juga focus membangun infrastruktur lainnya seperti jalan lintas pesisir hingga menghubungkan ke kabupaten labuhan batu sumatera utara. Upaya ini terus dilakukan agar akses transportasi dan perekonomian semakin meningkat.

Pemkab rohil juga memprioritaskan perbaikan jalan lintas bagansiapiapi untuk bersiap diri menyambut perhelatan MTQ tingkat nasional yang direncanakan di laksanakan pada tahun 2021 mendatang. (Adv/sd)