DPRD Riau Rapat Konsultasi Antisipasi Virus Corona dengan Sekdaprov

Wakil Ketua DPRD Riau berfoto bersama dengan Sekdaprov Riau.

Pekanbaru (Nadariau.com) – DPRD Riau bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Kamis (26/03/2020), melakukan Rapat Konsultasi dalam masalah antisipasi dan penanganan virus corona (covid 19). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara tertutup di ruang Rapat VIP DPRD Riau.

Pihak Pemprov Riau dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Yan Prana Jaya didampingi oleh Dinas terkait. Sementara pihak DPRD Riau diikuti okeh Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto dan Zukri Misran. Serta diikuti oleh beberapa orang anggota DPRD Riau.

Hardianto menyebutkan, ada beberapa hal yang disepakati terkait mengantisipasi penyebaran virus corona di Riau. Pertama, DPRD Riau sangat mendukung penuh langkah teknis dan taktis yang diambil oleh Pemrov dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Riau.

“Saat ini dari data terkini yang terjadi di Riau ada sekitar 2.438 ODP, 70 orang PDP dan 1 orang positif. Jadi kita sangat dukung langkah yabg diamvil termasuk penganggaran. Kita siap anggran perjalan ke Luar Negeri dan pengadaan mobil dinas dialihkan untuk ini,” sebut politisi Gerindra ini.

Kemudian juga mendukung Pemprov dalam mempersiapkan Laboratorium pengujian sampel suspek corona. Dipersiapkan Labor TB yang ada dialih fungsikan untuk Labor pemeriksaan virus corona.

“Jadi diharapkan dengan punya labor sendiri akan ceoat diketahui hasil penderita sekitar 1 sampai 3 jam,” tambahnya sembari menyebutkan tidak lagi dibawa ke Jakarta yang memakan waktu lebih seminggu mengetahui hasil Lab.

Kemudian juga disepakati, semua unsur pemerintahan seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau untuk saling bahu-membahu mengatasi permasalahan yang terjadi dalam mempercepat antisipasi penyebaran virus corona ini.

“Juga sosialisasi pada masyarakat tentang Sosial Distancing (pembatasan sosial),” katanya juga sembari mengatakan ada pemikiran kedepan memberikan bantuan pada masyarakat terkait perekonomiannya yang sudah terganggu.

Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto masuk bilik penyemprotan disinfektan.

Sementara di Gedung DPRD Riau, akan melakukan langkah nyata dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. Tidak saja dengan melakukan tes suhu tubuh terhadap seluruh pengunjung yang datang. DPRD Riau menyediakan bilik disinfektan, dan setiap pengunjung harus melewati bilik tersebut.

“Hal ini dalam upaya mengantisipasi pencegahan dampak virus corona (Covid-19) di sekretariat DPRD Riau. Mulai hari ini, Kamis, (26/3/2020) setiap pengunjung yang datang ke Kantor DPRD Riau harus masuk ke Bilik Disinfektan dan mencuci tangan dengan Air Hand Sinitezar,” jelas Plt Sekwan Muflihun.

Plt Sekwan DPRD Provinsi Riau, Muflihun

Lebih jauh dikatakan, pengunjung yang akan datang masuk ke Gedung Parlemen ini pada pos jaga terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh. Kemudian setelah di dalam mau masuk ruang sekretariat dilakukan penyemprotan disinfektan dengan melewati bilik yang disediakan.

Diakui juga, selama ini dalam pemeriksaan yang dilakukan tidak ada ditemukan pengunjung yang terjangkit atau suspeck virus corona.

“Sepanjang ini belim ada ditemukan pengunjung yang suspeck atau masih dalam kondisi normal, sehat-sehat saja,” ujarnya.

Selanjutnya, seluruh ruangan yang ada di DPRD Riau dilakukan penyemprotan desinfektan. Mulai dari seluruh karpet ruangan hingga hingga peralatan yang ada seperti meja, kursi, lemari dan lainnya.

“Yah, kita semprot seluruh ruangan yang ada. Ini langkah antisipasi yang kita lakukan, baik ruangan Paripurna, Komisi-Komisi, Fraksi-Fraksi, Medium dan ruang Sekretariat lainnya,” sebutnya. (Advetorial)

 130 total views