Bupati Kuansing Minta ASN Jaga Lingkungan Agar Bersih

Pekanbaru (Nadariau.com) – Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Mursini membuka secara resmi Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Rabu (11/3/2020) yang di Pusatkan di Lapangan Pasar Modern Telukkuantan.

Bupati mengajak semua OPD dan ASN serta Masyarakat yang hadir untuk komit memelihara lingkungan dan yang paling perlu sekali menjaga kebersihan agar tetap asri.

Pengurangan sampah ini kata Bupati mesti menjadi kesadaran bersama dengan melakukan tata kelolah tempat pembuangan sampah.

Dalam penanganannya, menurut Bupati pemerintah mesti hadir melalui dinas terkait, dengan layann pengambilan sampah dari hulu hingga ke hilir, terutama melalui TPS ke TPA.

“Untuk realisasinya tentu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan ini telah dilakukan dinas terkait,” kata Mursini .

Mengenai realisasi ini kata Bupati penguatan revitalisasi mesti terus dilakukan terutama dalam memanfaatkan fungsi TPA.

Kemudian Bupati juga berharap pejabat struktural dan semua jajaran untuk tampil menjadi inovator dalam mengelolah lingkungan hidup, terkhusus untuk areal perkantoran, masalah ini yang perlu dikedepankan adalah komitmen.

Selain menekankan tentang pentingnya pemeliharaan lingkungan, dipembukaan HPSN ini Bupati juga menyerahkan Tas Guna Ulang (TGU) untuk kaum ibu Sebagai Pengganti Tas belanja Plastik.

Dimana langkah ini, untuk mengurangi ketergantungan pada kantong plastik, sehingga secara tak langsung, ide ini merupakan langkah pengurangan penyebaran sampah di lingkungan masyarakat.

Kemudian pada kesempatan ini, Bupati juga melakukan penanaman pohon atau penghijauan secara simbolis serta melaksanakan gerakan angkat sampah.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan santunan bagi Keluarga PHL yang meninggal dunia beberapa minggu lalu sebesar Rp 42 juta dari BPJS Tenaga Kerja. Dimana PHL ini telah bekerja bersama DLH selama 2 tahun belakangan. Terakhir acara ditutup dengan pembagiam Door Prize.

Hadir dalam acara HPSN ini Kejari Kuansing, Wakapolres, Pabung Inhu-Kuansing, Sekda, Kepala OPD, Kabag di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan Ratusan Masyarakat Kuansing. (AK)