Bumbu Dapur Bisa Usir Tikus Dirumah, Ini Bahannya ?

Pekanbaru (Nadariau.com) – Keberadaan tikus di dalam rumah tentu sangat mengganggu dan bisa menjadi sumber penyakit. Selain itu, rumah jadi tampak kotor, apalagi jika tikus sudah menggigit makanan hingga benda-benda lainnya.

Nah, Anda pasti ingin tahu bagaimana cara mengusir tikus yang ampuh.

Tak perlu khawatir, ternyata ada bahan alami untuk mengusir tikus agar rumah tetap bersih dan sehat. Bahan pengusir tikus alami ini pun sangat mudah didapatkan dan tidak membahayakan bagi anak-anak ataupun hewan peliharaan di rumah.

Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini! Cara mengusir tikus dengan bahan alami

Lada Bubuk

Salah satu bumbu dapur ini memiliki senyawa paperin yang dapat mengeluarkan bau menyengat sehingga lada bubuk bisa dijadikan sebagai pengusir tikus di rumah karena tikus tidak menyukai bau menyengat.

Dengan begitu, tikus akan pergi karena merasa terganggu. Taburkan saja lada bubuk di area bersarangnya tikus di dalam rumah.

Kulit Durian

Tahukah Anda, kulit durian juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir tikus alami yang ampuh karena aromanya yang tajam dan menyengat.

Setelah Anda makan durian, pisahkan kulitnya dan letakkan pada area yang sering dilalui oleh tikus. Letakkan di area lantai, pastikan posisinya aman dan jauh dari jangkauan kaki serta anak-anak.

Anda bisa menaruhnya di bawah sofa atau furnitur lainnya. Dijamin, tikus akan langsung pergi jauh dan enggan untuk kembali lagi.

Irisan Bawang Merah

Pengusir tikus alami ini bisa dibilang paling ampuh dan mudah didapatkan. Tikus sangat tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari bawang merah.

Caranya, cukup menaruh irisan bawang merah di dalam sebuah mangkuk kecil, kemudian letakkan pada area yang sering dilalui oleh tikus, seperti di bawah meja, dapur, kamar dan sebagainya.

Buah Mengkudu

Aroma buah mengkudu sangat aroma menyengat, sehingga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Cara memanfaatkannya cukup mudah, yaitu hancurkan buah mengkudu dan larutkan di dalam air.

Kemudian, masukkan larutan air mengkudu ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada lubang atau area yang sering dilalui oleh tikus. Tikus pum akan keluar dan pergi jauh dari rumah Anda.

Kantung Teh

Kandungan peppermint di dalam kantung teh juga dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus sehingga indera penciumannya tidak berfungsi dengan baik. Tikus menganggap sudah tidak ada makanan yang menarik lagi.

Letakkan beberapa kantung teh bekas di area yang kerap dijadikan sebagai tempat bersarangnya tikus. Bisa juga menggantungkan kantung teh ini di dekat tirai jendela agar aromanya lebih terasa.

Meskipun menyengat bagi tikus, tapi aroma enak yang dikeluarkan dari kantung teh ini bisa dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan yang tidak kalah dengan manfaat aromaterapi. (bpc/ind)