Sejak 2016, Pemda Rohul Tidak Terima Retribusi dari Manara Tower

Rohul (Nadariau.com) – Sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tidak menerima retribusi umum dari menara tower yang tersebar diseluruh daerah Rohul. Panitia Khusus (Pansus) retribusi jasa umum DPRD Rohul melakukan koordinasi dengan Pemerintah Rohul melalui Dinas Kominfo dan Dinas Perizinan Rohul untuk ditindak lanjuti.

Ketua Pansus retribusi jasa umum DPRD Rohul Muhammad Aidi mengatakan, RJU tersebut berdasarkan Perda nomor 3 tahun 201, perubahan tersebut menara telekomunikasi.

Pasca putusan MK tahun 2015, Pemda Rohul tidak lagi mendapatkan PAD dari menara telekomunikasi atas dihapusnya pasal 124 undang – undang nomor 28 tahun 2011.

“Sehingga Rohul tidak lagi melakukan pemungutan retribusi manara tower,” kata Aidi, kemarin.

Jika hal ini tidak dilakukan perobahan pada Perda, maka Rohul tidak bisa melakukan penguatan retribusi jasa umum telekomunikasi.

“Akibat tidak dilakukannya pungutan retribusi potensi kerugian untuk PAD Rohul berkisar diangka 2,5 miliar setiap tahun, sejak 2016 sampai dengan tahun 2019. Hal ini berdasarkan surat edaran Kementrian Keuangan,” jelas Aidi.

Sementara isi surat edaran Kementrian Keuangan, meminta daerah untuk melanjutkan pungutan retribusi jasa umum tower telekomunikasi, setelah dilakukan perubahan Perda dengan tarif retribusi Rp2,8 juta sampai dengan Rp3,4 per tower setiap tahunnya. Hal ini juga berdasarkan zona 1,2 dan 3 dari 124 tower yang terdaftar.

“Tahun 2020 retribusi telekomusnikasi tersebut kembali akan dilakukan pungutan setelah Perda tersebut dirubah dan disahkan oleh DPRD Rohul,” terang aidi.

Sementara Kadiskominfo Rohul Yusmar mengungkapkan, bahwa selama ini tidak dilakukannya pungutan retribusi jasa umum tower telekomunikasi dikarenakan adanya perubahan Perda.

Namun setelah direvisi tahun 2020, maka kita bisa kembali mslakukan pungutan retribusi,” kata Yusmar.

Sebelumnya, Pansus Retribusi Jasa Umum DPRD Rohul akan melakukan perubahan pada Perda RJU.

Sehingga ditahun 2020 ini Pemkab Rohul kembali bisa melakukan pengutan retribusi menara tower telekomunikasi sehingga dapat menambah PAD. (Tra)