Jalur Sumbar Riau Longsor, Satu Mobil Terseret dan Akses Jalan Tertutup

Limapuluh Kota (Nadariau.com) – Material longsor tutup akses di Jalan Negara Sumbar-Riau KM 153 pagi ini sekitar 06.00 WIB, Senin (3/2/2020).

Lokasi longsor persisnya terjadi Jorong Hulu Air Nagari Sari Lamak Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumbar.

“Betul ada longsor. Ada satu titik longsor di jalan itu,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten 50 Kota Rahmadinol saat dikutip dari Covesia.com.

Dia mengatakan bahwa longsor disebabkan oleh curah hujan yang tinggi yang melanda kawasan itu sedari Sabtu (1/2/2020) malam. Dia mengatakan bahwa longsor mengakibatkan akses jalan tertutup sejak pagi tadi.

“Ini sudah tiga setengah jam akses jalan tertutup,” ujar Rahmadinol.

Dia mengatakan bahwa, akibat akses jalan yang tertutup, kendaraan pun tidak bisa melintas. Dampaknya, terjadi kemacetan sepanjang 7 kilometer. “Apalagi sekarang adalah hari Senin,” ujarnya.

Rahmadinol menjelaskan bahwa 1 mobil  Daihatsu Luxio BA 1673 RF terbawa material longsor. Dia mengatakan bahwa mobil tersebut melintas saat terjadi longsor.

“Korban jiwa nihil,” saat ditanya jumlah korban jiwa akibat kejadian longsor ini. Rahmadinol juga mengatakan tidak ada rumah warga yang tertimpa longsor kali ini.

Dia mengingatkan, untuk kondisi saat ini, longsor terjadi sebanyak satu titik. Hal ini juga dikarenakan kondisi tanah di sepanjang Jalan Negara Sumbar-Riau di Kecamatan Harau memang sudah labil.

“Banyak potensi longsornya. Jika ada hujan lebat lagi, ada 4 titik longsor besar lagi kemungkinan terjadi,” jelasnya.

Dia mengimbau, saat hujan lebat, masyarakat jangan melewati jalan tersebut. “Karena tingkat rawan longsornya tinggi,” imbuhnya. (nrc)