RTH Alang Kepayang Bersumber ADD Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Inhu

Inhu (Nadariau.com) – Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Alang Kepayang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) banyak dikunjungi oleh masyarakat yang berada disekitaran pinggiran sungai, khusunya Kabupaten Inhu umumnya.

Kepala Desa Alang Kepayang Edi Muzakirin mengatakan, RTH tersebut dibangun menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019.

RTH ini dibangun atas kesepakatan seluruh masyarakat desa saat Musyawarah Desa (Musdes) pada tahun 2019 yang lalu.

“Salah satu tujuan dibangunnya RTH ini adalah untuk meningkatkan Ekonomi masyarakat menengah kebawah,” kata Edi, Sabtu (1/2/2020).

Selanjutnya Edi juga mengatakan bahwa semenjak RTH di Desa Alang Kepayang tersebut selesai dibangun, banyak masyarakat yang datang untuk mengunjungi RTH tersebut.

Pengunjung yang ramai datang rata-rata pada saat hari libur. Seperti hari Sabtu dan Minggu, pengunjung datang dari berbagai daerah luar desa. Sehingga RTH tersebut sangat ramai dan padat dikunjungi Masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya RTH di Desa Alang Kepayang ini bisa membantu tingkat perekonomian masyarakat Desa Alang Kepayang dan masyarakat desa tetangga yang mencari rezeki di RTH ini,” harap Edi.

Sementara itu, Imus atau yang akrab disapa dengan sebutan Bang Mus yang merupakan pembawa acara disetiap Event Pacu Sampan Tradisional Kabupaten Inhu, mengaku sangat terbantu dengan adanya RTH di Desa Alang Kepayang.

Meski demikian Bang Mus juga menjadi pedagang sosis dan pedagang Pop Ice di sana.

“Hampir setiap hari jualan di RTH Desa Alang kepayang, Alhamdulillah jualan saya laris manis dan selalu habis,” ungkap Bang Mus.

Disaat bersamaan Yogi salah satu pengunjung RTH di Desa Alang Kepayang mengatakan, bahwa RTH Desa Alang Kepayang tersebut sangat luar biasa indahnya, dibandingkan RTH yang lainnya di Kabupaten Inhu.

“Selain bagus untuk tempat berfoto-foto kita juga bisa melihat pemuda Desa Alang kepayang yang disetiap sorenya bermain bola di sebelah RTH tersebut,” kata Yogi. (rio)