Pemkab Inhu Tandatangani Kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara

Inhu (Nadariau.com) – Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu), telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Penandatanganan tersebut merupakan suatu dukungan untuk Pemanfaatan Sertifikat Elektronik dan kerjasama aspek keamanan, didalam penyelenggaraan sistem elektronik milik instansi pemerintahan yang melalui pemanfaatan sertifikat elektronik.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilangsungkan di Gedung Auditorium BSSN Depok, pada Selasa (26/10/2019) tahun lalu.

Untuk Kabupaten Inhu penandatanganan tersebut langsung ditandatangani oleh Jawalter yang menjabat sebagai Kepala Diskominfo Inhu.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 kemudian telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017, BSSN mengemban tugas Pemerintahan di bidang keamanan siber dan persandian dalam rangka mewujudkan keamanan siber nasional, perlindungan infrastruktur informasi kritikal nasional dan ekonomi digital.

Pejabat pemerintah dan instansi terkait dapat memberikan persetujuan melalui tanda tangan digital, dengan menggunakan sertifikat elektronik. Karena hal ini merupakan salah satu contoh penerapan sertifikat elektronik.

“Dengan adanya sertifikat elektronik ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi di Pemkab Inhu untuk pelayanan sistem elektronik. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi waktu, cepat, aman, dan dapat mengurangi penggunaan kertas,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Inhu Jawalter melalui Kasi Keamanan Informasi dan Persandian Awiriyanto, Rabu (15/1/2020).

Selanjutnya Awiriyanto juga mengatakan, hingga saat ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhu yang telah menerapkan tanda tangan digital.

Diantaranya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), menyusul berikutnya Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) dan Badan Pengelolaan Keuanga dan Aset Daerah (BPKAD).

“Kegiatan Penandatanganan PKS ini dihadiri oleh Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, Kepala BSRE Rinaldy, serta para tamu undangan dari seluruh pejabat yang melakukan penandatangan kerjasama teknis,” terangnya. (rio)