Bupati Kuansing dan Kadis Pertanian Hadiri Panen Bawang Merah di Desa Benai Kecil

Kuansing (Nadariau.com) – Bupati Kuansing Mursini hadiri panen bawang merah jenis Maserati yang dikelola oleh kelompok tani Beken Jaya di Desa Benai Kecil Kecamatan Benai.

Keberhasilan petani bawang merah ini dirayakan dengan panen raya bersama Bupati Kuansing Mursini beserta Kepala Dinas Pertanian, para Kadis dan Gapoktan yang ada di Kuansing

Mursini menjelaskan, bawang merah jenis Maserati ini merupakan inovasi baru yang dikembangkan oleh kelompok tani Beken Jaya Desa Benai Kecil.

Tentunya dengan panen raya ini juga akan dapat meningkatkan ekonomi petani, terutama para anggota kelompok tani Beken Jaya.

Ditambahkan Mursini, sektor pertanian merupakan sektor perioritas utama pembangun daerah. Hal ini mengingat cukup besar peluang dan potensinya di Kuansing.

“Bawang merah dapat di kembangkan dan bahkan dapat kita daya gunakan untuk peningkatan kesejahteraan masarakat,” kata Mursini, Kamis (9/1/2020).

Oleh karena itu Mursini berharap, panen perdana bawang merah oleh kelompok tani Beken Jaya dapat menjadi titik poin pengembangan bawang merah di Kabupaten Kuansing kedepan.

“Dengan adanya panen bawang merah ini ketersediaan bawang merah, baik untuk petani maupun dijual ke pasaran dapat menghasilkan produk bawang merah unggulan,” harap Mursini.

Camat Benai Oktaria Agustin mengaku sangat mengapresiasi panen raya bawang merah ini. Karena kelompok tani Beken Jaya telah berhasil membudidayakan jenis bawang Maserati F1 di Desa Benai Kecil dengan baik.

“Di Riau, budidaya bawang merah jenis Maserati F1 baru dikembangkan di 5 Kabupaten, termasuk di Kabupaten Kuantan Singingi,” kata Agustin.

Kedepan, Agustin berharap kepada bupati melalui dinas pertanian Kabupaten Kuansing untuk dapat membantu serta memberikan bimbingan bagaimana mengembangkan bawang merah Maserati dengan baik.

“Sehingga dapat memenuhi pasaran dalam maupun diluar Kuansing. Kemudian diharapkan Kuansing bisa menjadi sentral produksi bawang merah jenis Maserati,” harapnya.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Beken Jaya Yunisman mengatakan, acara ini terselenggara atas kerjasama kelompok tani Beken Jaya dan PT agrosid. Selain itu pada kesempatan ini, baru pertama kali PT agrosid mengadakan acara temu ramah dengan pemerintahan di Kabupaten Kuansing.

Ditambahkannya, penanaman bawang merah Maserati terlaksana atas alokasi dana dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kuansing. Jumlah ada sekitar 62 orang, luas wilayah lebih kurang 6,2 hektar atau 4 orang tiap kecamatan.

“Selain dari Baznas, penanaman bawang merah di kelompok tani Beken Jaya juga ditunjang Alokasi dana Desa, yaitu sebesar Rp153 juta. Alhamdulillah ini adalah panen pertama,” kata Yunisman. (AK)