Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Ekonomi dan Bisnis Indonesia (ADPEBI) Akan Adakan Pelatihan Penulisan Proposal dan Disertasi serta SEM AMOS

Dedi Iskamto, Ketua Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Ekonomi dan Bisnis (ADPEBI)

PEKANBARU-(Nadariau.com)-Untuk memperkuat kemampuan dalam methodologi penelitian yang baik dan benar kembali Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Ekonomi dan Bisnis indonesia (ADPEBI) akan mengadakan pelatihan Penulisan Proposal (Disertasi) Program Doktor/Master dan Pelatihan Analisis data Menggunakan SEM AMOS.

Kegiatan itu sendiri akan di laksanakan di Hotel Alpha Pekanbaru pada tanggal 18 dan 19 Januari 2020. Menurut ketua Umum ADPEBI Dedi Iskamto, SE, MM, PhD (cand), kegiatan ini bertujuan untuk membantu para calon doktor atau calon mahasiswa doktoral untuk dapat melakukan penelitian yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu yang sekarang terus berkembang.

“Kita memang terbiasa menulis skripsi bahkan tesis ketika kuliah S1 atau S2 tetapi banyak penulisan tersebut dilakukan tanpa kaidah ilmu yang benar dan tepat, hanya sebagai pelengkap kelulusan saja,”Ungkap dedi.

Menurut dedi kesulitan para peneliti atau dosen untuk menembus jurnal internasional berindeks scopus atau wos lebih dikarenakan lemahnya dalam penguasan metodologi penelitian ditambah lagi sebagai dosen mereka merasa sudah cukup ilmu karena sudah membimbing penulisan skripsi mahasiswa padahal ilmu tersebut hanya muter disitu saja tidak berkembang.

“Kita para dosen juga harus mau mengeluarkan dana untuk mencharge diri kita untuk meningkatkan kualitas keilmuan, kita charge diri kita dengan membeli buku, mengikuti seminar, confrence atau workshop bahkan kuliah lagi ambil S3,” tutur Dedi.

Pelatihan penulisan ilmiah dan olah data dengan SEM akan dilakukan selama dua hari tanggal 18 Januari 2020 dengan materi Metode Mencari dan membaca artikel jurnal yang relevan, Metode Menemukan research gap, Menemukan kebaruan (novelty), Membangun model, Penulisan Proposal, memaparkan research gap, memaparkan kebaruan penelitian, menuliskan problem statement dan tujuan penelitian, menuliskan state of the art, mengembangkan hipotesis, Menentukan desain penelitian, mendefinisikan operasional dan pengukuran variable.

sedangkan hari kedua pada tanggal 19 Januari 2020 dengan materi Pengenalan Structural Equation Model (SEM), pengenalan AMOS, tahapan Pengolahan data menggunakan AMOS, menguji Model Pengukuran (Measurement Model, Uji validitas (confirmatory factor analysis, Uji reliabilitas, menguji Model Struktural, Uji Normalitas Data, Uji Outliers, Evaluasi multikolinearitas dan singularitas Modifikasi Model, Pengujian hipotesis dan lain-lain.

Pada pelatihan kali ini ADPEBI mendatangkan instruktur langsung dari Jakarta yakni Dr. Mafizatun Nurhayati, SE., MM., Pakar dalam bidang analisis SEM AMOS, SMART PLS, SPSS dan E-Views, alumni S3, FEB, Universitas Brawijaya, Malang, S2,MM, Universitas Budi Luhur, Jakarta dan S1 FEB, Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta dan Dr. Budi Santosa, SE, MSi, Mphil , Dosen tetap Universitas Trisakti Jakarta, Pakar dalam Methodologi dan Design Reserch S3 Maastricht School of Management, Belanda, S2, Maastricht School of Management, Belanda
S2, FEB, Univesitas Indonesia, Jakarta dan S1, FEB, Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.

“Kedua instruktur kita berasal dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia yakni UGM bahkan salah satu terbaik dunia yakni Maastricht School of Management jika dibandingkan Investasi sangat-sangat murah,”Jelas Dedi.

Ditambahkannya Saat ini 80% dari jumlah kouta yang disediakan sudah terpenuhi tinggal tersisa beberapa kursi lagi dan pendaftaran akan segera ditutup, selanjutnya ADPEBI akan mengadakan pelatihan di Medan dan Jakarta. Bagi mereka yang masih berminat silahkan menghubungi panitia tetapi harus segera karena kursi yang disediakan sangat terbatas  hal ini untuk menjaga kualitas pengajaran.(DI)