Inhu Banyak Miliki Destinasi Wisata Sejarah di Provinsi Riau

Inilah salah satu air terjun nan indah di kabupaten Inhu.

Inhu (Nadariau.com) – Sebagai kota bersejarah, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) banyak memiliki lokasi wisata sejarah. Kabupaten indragiri Hulu sendiri memiliki luas wilayah mencapai 8.198,26 km² dengan jumlah penduduk mencapai 400 ribu jiwa lebih.

Sejak dipimpin H Yopi Arianto SE menjabat sebagai Bupati Inhu selama 2 periode melalui Dispora Inhu, destinasi wisata yang ada di Inhu menjadi lebih berkembang serta terjaga kelestarian aslinya.

Salah satunya masih terdapat peninggalan Kerajaan Indragiri dan beberapa danau yang berkaitan dengan kejayaan kerajaan melayu pada zaman dahulu, sehingga kabupaten ini banyak dijadikan tujuan wisata.

Seperti yang dikatakan Plt Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Syafrizal SSos mengatakan kita sebagai warga Inhu harusnya sangat bangga dengan adanya beberapa destinasi wisata alam yang tersebar di wilayah Inhu.

Seperti adanya Danau Raja di Rengat, Bukit Tiga Puluh di Batang Gansal dan Danau Menduyan yang terletak di Desa Kota Lama, makam pahlawan Indragiri, dan banyak lagi.

“Kita bangga memiliki beberapa tempat wisata alam yang selalu kita jaga keasliannya, dan dengan nantinya acara pembukaan festival danau Menduyan ini oleh Pak Sekda bisa dimanfaatkan bagi banyak masyarakat,” ujar Syafrizal waktu peresmian di Danau Menduyan Kota Lama.

“Berkat usaha dan kerja keras bupati Inhu melalui Diporapar,  maka kami nanti akan bisa kita manfaatkan dengan sebaik baiknya untuk keperluan para wisatawan maupun para atlet-atlet yang berprestasi di bidang olahraga,” harap Syafrizal.

Wisata Danau Raja

‎Terpisah, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengungkapkan kebanggaan terhadap wisata alam yang berada di Inhu ini. Dengan adanya potensi alam yang bisa dinikmati banyak orang diharapkan selain menjadi ajang promosi berbagai potensi maupun budaya, momentum ini hendaknya semakin menguatkan semangat kebersamaan antara kita semua.

“Selain sama-sama menjaga kelestarian alam/wisata yang ada di Inhu Mari kita bantu pihak kepolisian dan TNI untuk bersama-sama juga dalam melakukan pengawasan dan ketertiban disetiap wisata yang ada. Ini merupakan anugrah dari Allah Swt untuk Ummatnya agar senantiasa kita jaga serta melestarikannya hingga keturunan keturunan kita bisa mengetahui bahwa alam ini masih terjaga keasliannya ,” ajak Bupati H Yopi Arianto SE.

Komplek Pemakaman Raja Raja Indragiri Hulu.

Berikut ini ada beberapa Informasi Tempat Wisata di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang menarik dikunjungi:

1. Danau Raja

– Danau Raja adalah Salah satu tempat wisata di Kota Rengat, Tempat ini dulu sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. Tidak jauh dari danau ini terdapat replika Istana Kerajaan Indragiri yang konon ceritanya Istana asli kerajaan tersebut telah berada di tengah sungai Indragiri.

Lokasi Danau Raja ini berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Rengat, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota dan perlu untuk bermalam, di depan area tempat wisata ini juga terdapat sebuah hotel yang dapat di jadikan sebagai tempat bermalam bagi wisatawan dengan fasilitas yang memadai.

2. Situs Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja-Raja Indragiri/

– Situs Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja-Raja Indragiri merupakan salah satu tempat wisata sejarah di kabupaten Indragiri Hulu tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, lokasi terletak sekitar 45 Km dari kota Rengat.

Komplek ini merupakan salah satu dari sekian banyak Komplek Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Indragiri Hulu. Di Komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Indragiri beserta Keluarga dan pengikutnya.

Komplek di sekitar makam Raja-raja Indragiri di Desa Kotalama memang dikenal dahulunya sebagai pusat pemerintahan kerjaan Melayu tertua di Indragiri. Sebagai bukti, persis di depan Komplek Makam Raja – Raja Indragiri di Desa Kota Lama, terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Meduyan.

Di lokasi ini juga masih terdapat benteng pertahanan kerajaan Indragiri yang kini ditumbuhi pohon bambu. Selain memiliki panorama yang indah, Danau ini juga menyimpan banyak sejarah.

3. Tugu 5 Januari.

– Tugu 5 januari dibangun untuk mengenang Tugu ini dibangun untuk mengenang peristiwa Rengat bersejarah, yang terjadi pada tanggal 5 Januari 1949 oleh agresi militer Belanda II. Peristiwa yang menewaskan lebih dari 2.600 jiwa dan di buang ke Sungai Indragiri yang salah satunya adalah orang tua kandung penyair terkenal Chairil Anwar yang kala itu menjabat sebagai Bupati Indragiri.

Setiap tahun pada tanggal 5 Januari di kota Rengat selalu digelar acara untuk mengenang kembali hari bersejarah bagi masyarakat kota Rengat tersebut Tugu ini berada di pinggir sungai Indragiri, tepatnya persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu, jalan A Yani Rengat.

4. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

-Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Batang Gansal. Taman Nasional seluas 143.143 hektar ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orang utan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung serta binatang langka lainnya.

Di lokasi ini juga terdapat air terjun yang berada di antara pepohonan hutan yang rindang, hal tersebut banyak menarik wisatawan untuk berwisata di TNBTP, saat anda berada ditempat ini anda dapat mendengar suara-suara khas binatang hutan tropis, serta udara yang masih segar dan alami. Di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga terdapat tempat tinggal bagi suku asli Talang Mamak.

5. Dan yang terakhir Danau Menduyan Indragiri Hulu

– Danau Menduyan Indragiri Hulu adalah tempat wisata alam yang menarik untuk anda kunjungi yang berada di Kota Lama, di sebelah Kompleks Makam Raja-Raka Indragiri, 17 Km dari Kota Rengat, ibukota Indragiri Hulu, atau 7 Km sebelum Pematang Rebah.

Kondisi Danau Menduyan paling cocok sebagai sebuah kawasan wisata, pengunjung bisa menikmati keindahan alamnya. Diketahui Danau Menduyan lokasinya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu. (Advetorial/rio)