Meski Dikalahkan Vietnam, Indonesia Masih Berpeluang Maju ke Semifinal SEA Games

Filipina (Nadariau.com) – Timnas Indonesia U-23 mengalami penurunan peringkat di klasemen sementara Grup B SEA Games 2019 usai kalah 1-2 dari Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Minggu (1/12).

Kegagalan meraih poin di pertandingan ketiga tersebut menempatkan Garuda Muda di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B.

Padahal, dalam dua laga sebelumnya Timnas Indonesia U-23 selalu bercokol di posisi kedua di bawah Vietnam.

Posisi Indonesia di peringkat kedua Grup B dikudeta Thailand yang menang 3-0 atas Singapura di pertandingan ketiga.

Indonesia dengan Thailand memiliki poin sama, 6, hasil dua kemenangan dan satu kekalahan. Tetapi Thailand lebih unggul selisih gol dengan surplus delapan gol, sedangkan Indonesia hanya tiga gol.

Dengan berada di posisi ketiga klasemen sementara, maka Indonesia tidak aman meraih tiket ke semifinal. Guna menjaga peluang lolos ke babak berikutnya, Andy Setyo Nugroho dan kawan-kawan perlu berjuang keras di laga berikutnya.

Selain meraih kemenangan atas Brunei Darussalam dan Laos, Indonesia juga perlu menang dengan jumlah gol dan margin gol yang besar. Hal itu untuk menyaingi produktivitas gol Thailand.

Tim asuhan Indra Sjafri juga masih punya kesempatan lolos ke semifinal dengan cara lain jika menang lawan Brunei dan Laos. Yaitu, berharap Thailand tidak menang atas Vietnam.

Timnas Indonesia U-23 sempat unggul 1-0 atas Vietnam lewat gol Sani Rizki fauzi di menit ke-23. Tetapi serangan Indonesia di babak kedua mengendur sehingga bisa kebobolan dua gol dari Vietnam lewat Nguyen Thanh Chung di menit ke-64 dan Nguyen Hoang Duc (90+2′).

Kemenangan tersebut mengukuhkan posisi Vietnam di puncak klasemen sementara Grup B dengan poin sempurna, 9, dari tiga pertandingan.

Klasemen Sementara Grup B SEA Games 2019:

1. Vietnam 9
2. Thailand 6
3. Indonesia 6
4. Laos 4
5. Singapura 1
6. Brunei 0

(cnn/nrc)