HMI Cabang Dumai Kecam Oknum yang Membuat Musyawarah Ilegal HMI Demi Kepentingan Tertentu di Rohil

Dumai (Nadariau.com) – Minggu 27 Oktober 2019, beredar kabar bahwa telah terjadinya Musyawarah Cabang HMI Persiapan Rokan Hilir (Rohil) di Bagan Batu.

Merespont hal itu Andi Qadri selaku Ketua Umum bersama Syahrian Kabid Pemberdayaan Aparatur Organisasi HMI Cabang Dumai langsung mengambil sikap yang tegas.

“Saya tau betul situasi Internal kawan kawan HMI di Bagan Batu (Rohil). Apa lagi soal musyawarah itu, karena persoalan ini sudah jadi pembahasan dari tahun ke tahun di Internal HMI Cabang Dumai,” tegas Andi kepada media, Selasa (29/10/2019).

Andi mengatakan. bahwa apa yang dilakukan oleh beberapa oknum yang memprakarsai musyawarah itu terjadi, merupakan sebuah tindakan yang sangat tidak terpuji.

“Saya pribadi tentunya sangat ingin, bisa tumbuh dan majunya perkembangan HMI di seluruh Indonesia, apalagi Rokan Hilir dan segala sesuatu yang ada di HMI. Apalagi sebuah kebijakan tentunya ada aturan dasar atau Konstitusi yang mengatur. Saya melihat ada beberapa oknum yang punya kepentingan tertentu memanfaatkan situasi krisis di tubuh HMI saat ini, dengan membuat Musyawarah cabang HMI persiapan Rokan Hilir,” ujar Andi.

Dalam matematika di ajarkan, + x – = – hikmahnya apa? Yaitu membentuk cabang baru itu adalah hal yang baik, tapi kalau di lakukan dengan cara yang salah, maka hasilnya ternyata salah.

HMI cabang Dumai hanya mengakui Ketua Umum Hasil mendataris Kongres HMI ke XXX di kota Ambon. Yakni Respiratori Saddam Al jihad, sebagai Ketua Umum PB HMI dan Syahrin sebagai Ketua Umum Badko Riau-Kepri.

“Serta mengingatkan oknum – oknum yang mencatut nama pengurus HMI dari PB hingga Cabang diluar kepengurusan Saddam, agar sadar dan kembali ke jalan yang benar,” himbau Andi.

Syahrian selaku kabid PAO (Pemberdayaan Aparatur Organisasi) HMI Cabang Dumai menerangkan bahwa, HMI Cabang Dumai akan mengambil sikap ke Organisasian dan hal hal yang di perlukan, agar bisa menyelesaikan persoalan ini.

“Secara Konstitusi HMI Rohil masih di bawah kepengurusan HMI cabang Dumai. Kalau memang Rohil Ingin mekar, ayo kita lakukan dengan cara yang benar. Jangan malah dipaksakan, apalagi beredar isu bahwa ini ada kepentinganya untuk Pilkada nanti, \jangan Sampai HMI di manfaatkan,” kata Syahrian.

Syahrian juga menjelaskan, dalam konstitusi HMI, Rohil memang belum memenuhi syarat untuk bisa berdiri sendiri menjadi sebuah cabang. Jadi mari kejar kekurangan yang di perlukan agar HMI Rohil bisa terbentuk sesuai jalur yang benar menurut Konstitusi” ucap Syahrian.

“Kami akan menyurati Badko dan Pengurus Besar untuk bisa menyikapi serta mengambil sikap yang tegas terkait persoalan ini. Karena dapat membuat kekacauan administrasi dan kegaduhan kader – kader HMI lainnya dilingkungan HMI Cabang Dumai,” tutup Rian. (olo)