Pedagang di Pekanbaru Wajib Tera Ulang Timbangan, Jika Tidak Timbangan Disita

Pekanbaru (Nadariau.com) – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, meminta
pedagang untuk wajib Tera ulang timbangan sesuai peraturan dan perundang-undangan.

Berdasarkan Undang-Undang disebutkan, pedagang yang ada disetiap pasar, baik yang dikelola oleh pemerintah ataupun swasta wajib melakukan Tera ulang alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).

Dari ketentuan tersebut, jika tidak dilakukan, maka timbangan milik pedagang dapat disita oleh petugas.

Dikatakan Ingot, pihaknya secara rutin melakukan uji timbangan kesetiap pasar, terutama terhadap pasar yang dikelola pemerintah.

“Itu sudah menjadi rutinitas. Artinya kita memberikan pelayanan langsung, uji timbangan di pasar, siapa yang mau silahkan. Tera itu satu kali dalam satu tahun, mereka tetap bayar retribusinya. Dulu tera itu dianggarkan dan gratis, sekarang tidak lagi,” kata Ingot Ahmad Hutasuhut.

Disampaikan Kepala DPP Kota Pekanbaru ini, jika pedagang tidak menguji alat timbangannya, dapat disita oleh petugas. Karena, sebutnya, saat ini sudah ada pengamat Tera dan pengawasan

“Sekarang kita sudah ada pengamat tera dan ada pengawasan. Petugas di pasar melakukan pengawasan tiap hari. Timbangan yang tidak di tera akan disita,” tegasnya. (ind)