Unri Ajukan Akreditasi Internasional ke ABET

Pekanbaru (Nadariau.com) – Universitas Riau (Unri) mengajukan akreditasi internasional kepada lembaga akreditasi internasional atau ABET. Hal ini untuk dalam rangka meningkatkan mutu di bidang pendidikan dilingkungan perguruan tinggi.

Untuk pertama kalinya, Unri berencana akan mengajukan sebanyak 10 program studi (Prodi) S1 yang telah meraih akreditasi A, sebagai perwakilan dari masing- masing fakultas.

Saat ini, Unri memiliki sebanyak 10 fakultas dan 94 program studi atau prodi mulai dari jenjang diploma 3, S1, S2 dan S3.

Bahkan secara instansi atau kelembagaan, Unri telah meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi mengungkapkan, satu prodi dari 10 fakultas yang ada di Unri saat ini sedang bersiap untuk mengikuti program akreditasi internasional.

Pasalnya, masih belum banyak perguruan tinggi yang meraih prediket akreditasi internasional karena ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi.

Prodi yang sudah meraih akreditasi A, sudah bisa mengikuti akreditasi internasional dan ini baru perdana dilakukan oleh Unri.

Ada sejumlah persiapan yang dilakukan untuk meraih akreditasi internasional tersebut diantaranya kelengkapan administrasi, seminar internasional dan publikasi.

“Nantinya prediket akreditasi internasional yang diraih, akan berdampak besar terhadap performa kampus dan sistim perengkingan perguruan tinggi. Kalau untuk Riau, semoga kita yang pertama,” ungkap Aras, Kamis (17/10/2019).

Selain mempersiapkan akreditasi internasional pada tahun 2020 mendatang, Perpustakaan Unri juga telah berhasil meraih penghargaan ISO 9001 pada bulan September lalu.

Bahkan pada tahun 2018 lalu, Unri juga membuka Prodi Palp and Papper perdana di Indonesia, bekerjasama dengan salah satu perusahaan kertas terbesar di Riau. (ind)