Sejak Januari Hingga Juni, Investasi Masuk ke Pekanbaru Capai Rp 961 Miliar

Pekanbaru (Nadariau.com) – Mulai terhitung pada bulan Januari hingga akhir Juni atau semester pertama tahun 2019, nilai investasi yang masuk ke Kota Pekanbaru sudah mencapai angka Rp961 miliar.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru F Rudi Misdian menyampaikan, bahwa nilai investasi Rp961 miliar itu bersumber dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

“Untuk PMDN totalnya Rp580 miliar dan PMA Rp381 miliar,” terang Rudi, Jumat (11/10/2019).

Namun jika dihitung per triwulan, kata Rudi, terjadi penurunan nilai investasi pada triwulan kedua. Yang mana di triwulan pertama Januari, Februari dan Maret 2019 total investasi yang masuk berjumlah Rp878 miliar dengan rincian PMDN Rp530 miliar dan PMA 348 miliar.

“Sementara untuk triwulan dua (April, Mei dan Juni) sebesar Rp83 miliar. Sedangkan PMDN Rp50 miliar dan PMA 33 miliar,” urai Rudi.

Turunnya nilai investasi pada triwulan kedua, sebut Rudi, diakibatkan berbagai faktor salah satunya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pekanbaru yang masih tahap penyesuaian dengan Peraturan Menteri (Permen) Agraria dan Tata Ruang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyusunan RTRW.

“Mudah-mudahan pada tahun ini clear lah,” harap Rudi..

Meski masih terkendala oleh berbagai faktor, akan tetapi DPM-PTSP optimis di sisa waktu beberapa bulan ke depan target investasi sebesar Rp2 trilun pada tahun ini bisa terealisasi.

“Jadi kita tetap optimis, di waktu yang tersisa kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target. Dengan semakin membaiknya kualitas udara akibat diselimuti kabut asap, semoga investasi juga semakin membaik pula,” tutur Rudi. (ind)