KSOP Selatpanjang Himbau Awak Kapal Laut Untuk Tingkatkan Keselamatan

Meranti (Nadariau.com) – Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan membuat Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang mengeluarkan edaran pelayaran untuk mengantisipasi risiko kecelakaan.

Petugas Keselamatan Berlayar KSOP Selatpanjang, Suharto Senin (16/9/2019) mengatakan, untuk menghindari hal tidak diinginkan, maka pihaknya mengimbau aktivitas pelayaran meningkatkan kewaspadaan saat berlayar dan memperhatikan jarak pandang aman.

“Kemunculan kabut asap ini membuat risiko kecelakaan pelayaran semakin meningkat, dan kami mengimbau pengguna jasa untuk mewaspadai cuaca buruk saat berlayar,” kata Suharto

Dia mengimbau pelaku pelayaran untuk menghindari hal tidak diiinginkan dan nakhoda kapal mewaspadai jalur layar di sepanjang selat di Kepulauan Meranti.

“Meski kabut asap masih dalam batas ambang normal jarak pandang, tapi kita selaku institusi wajib mengimbau dan mengeluarkan surat edaran agar semua pihak waspada,”

Adapun himbawan yang kami buat selain mengeluarkan surat edaran pada tanggal ,26 Agustus 2019, kami juga melakuka. Himbauan secara langsung dengan nahkoda dan awak kapal disetiap melakukan keberangkatan. tuturnya

Dikatakannya, pengguna jasa diharapkan juga untuk senantiasa memantau kondisi cuaca dan jarak pandang agar tidak tertutup kabut asap dengan menggunakan peralatan navigasi dan melengkapi kapal dengan alat keselamatan.

“Saat ini jarak pandang pelayaran masih aman, yakni berkisar 3 mil dan belum berbahaya. Tapi kami tetap menghimbau untuk nakhoda mengurangi kecepatan kapal, menghidupkan lampu navigasi pelayaran di siang hari dan mengaktifkan radar kapal dan GPS,” pungkas Suharto.(Rul)