Atlet PABBSI Riau Lolos Pra PON 2019

Pekanbaru (Nadariau.com) – Loloskan 17 atlet pada Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 di Jawa Barat. Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) Riau ingin pembinaan mulai dari Oktober 2019 dengan anggaran yang jelas.

Kegagalan yang sama pada PON 2016 lalu tak ingin terulang lagi pada PON 2020 di Papua mendatang. Pasalnya, pada PON lalu atlet PABBSI hanya mendapatkan 1 medali emas dari 4 medali yang ditargetkan.

“Jangan sampai kejadian PON 2016 lalu terulang lagi. Padahal di Pra PON 2015 sebelumnya kita mendapatkan 4 medali emas, tapi di PON hanya 1 medali emas. Jadi banyak atlet kita yang gagal,” ungkap Ketua PABBSI Riau, Sanusi Anwar, Jumat (13/9/2019).

“Pada tahun ini kita mendapatkan 4 medali di Pra PON dan meloloskan 17 atlet untuk PON 2020 dengan target 6 medali emas. Nah kejadian ini bisa sama dengan kejadian PON lalu jika tidak ditangani dari sekarang,” katanya.

“Tapi kalau tidak mulai pada bulan Oktober ini, tidak akan ada itu. Menunggu anggaran itu tetap cair bulan April atau Mei,” sebutnya.

“Kita inginnya, berapa yang akan dibina dari 18 atlet yang lolos untuk PON 2020. Berapa anggarannya? Berapa angkanya? Serahkan ke Pengprov (Pengurus Provinsi) cabor, ungkapnya.

“Kalaupun terima akhir tahun pun jelas, artinya memang kita bisa memodali. Kalaupun cair April atau Mei, kita menanggulangi tidak banyak,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa atlet PABBSI Riau punya potensi untuk juara, atlet Riau masih muda-muda semua, jadi kemungkinan untuk mengejar juara itu masih bisa. “Seperti atlet kita yang meraih medali perak di Jawa Barat kemarin, mereka bisa mengejar yang juara,” sebutnya.

“Di PABBSI ini, Riau termasuk salah satu yang ditakuti. Dan dilihat dari PON lalu, Jawa Barat itu memang mati-matian untuk bisa mendulalang medali, begitu juga dengan cabor dayung. Mereka yang hanya 3 medali emas sebelumnya bisa mengejar dengan 16 medali emas. Jadi pacuannya itu,” terangnya.

“Kalau memang dimulai dari sekarang, betul-betul diawasi, betul-betul dibina, saya sendiri yakin dan berani 6 medali emas dari PABBSI untuk PON 2020,” pungkasnya. (dan)