Kukerta Unri Screening Katarak di Desa Jake

Pekanbaru (Nadariau.com) – Screening Katarak dilakukan karena banyaknya Lansia yang terdapat di Desa Jake. Karena katarak biasanya menyerang para lansia, maka program ini cocok untuk di realisasikan.

Program ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan posyandu Lansia. Selain itu, hal utama yang melatarbelakangi program ini adalah adanya program dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Screening Katarak dilakukan dengan tujuan agar masyarakat terutama lansia bisa mendapatkan layanan kesehatan berupa screening katarak secara gratis.

Selain itu, agar masyarakat yang di duga terkena katarak dapat segera terdeteksi dan dapat di tanggulangi berupa operasi di Rumah Sakit kota Pekanbaru.

Kegiatan ini dilakukan di ruang kantor Desa Lama Desa Jake Kecamatan kuantan tengah kabupaten kuantan Singingi pada tanggal 12 juli 2019

Program dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota Kukerta Unri di Desa Jake, dilakukan dengan registrasi terlebih dahulu,cabut nomor peserta. Kemudian melakukan pemeriksaan tahap 1 yang disebut dengan snellen chart (membaca huruf dari ukuran besar ke huruf yang berukuran kecil).

Kemudian dilakukan pencatatan hasil dari membaca snellen chart, setelah itu peserta yang diduga terkena katarak akan dilakukan pemeriksaan tahap ke 2 yaitunya penyenteran mata dengan menggunakan alat yg bernama penlight.

Program Screening katarak diikuti oleh 27 orang Lansia dan diduga terkena katarak sebanyak 13 orang.

Program ini bekerjasama dengab Puskesmas Pembantu Desa Jake.
Disambut dengan antusias dan masyarakat pun juga senang dengan adanya pemeriksaan. (dan)

 24 total views