Sekarang Tujuh Sekolah SMPN di Pekanbaru Masih Kekurangan Siswa Baru

Pekanbaru (Nadariau.com) – Hingga kini masih terdapat sebanyak 7 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Pekanbaru yang kekurangan peserta didik baru, pasca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terhitung 1 hingga 3 Juli lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal menyebut, di 7 SMPN tersebut terdapat kekurangan sekitar 285 peserta didik. Untuk mencukupi kuota, Disdik bakal memprioritaskannya bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu.

Ke-7 SMPN dimaksud di antaranya SMPN 13, SMPN 14, dan SMPN 16, SMPN 19, SMPN 28, SMPN 38 dan SMPN 43.

Selain dipersiapkan bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu, terang Jamal, kekurangan kuota di-7 SMPN tersebut juga akan memberi peluang bagi anak tempatan yang tak lulus dalam PPDB lalu.

“Mereka cuma perlu datang bersama orangtua ke sekolah. Lalu melaporkan kondisi ekonominya. Begitu menerima laporan dari pihak sekolah, kami akan melakukan verifikasi dan survei ke rumah calon peserta didik bersangkutan,” ujarnya, Ahad (14/07/2019).

Disampaikan Jamal, kekurangan peserta didik di-7 SMPN itu lantaran kurangnya jumlah calon peserta didik yang mendaftar selama proses PPDB berlangsung.

“Ya, karena minimnya jumlah pendaftar pada saat PPDB kemarin. Untuk pengisian kuota murid tidak mampu ini mulai dilakukan setelah sekolah melakukan daftar ulang,” tutupnya. (ind)