Babinsa Langsung Latih Siswa PBB dan Beri Wawasan Kebangsaan di PLS SMPN 12 Pekanbaru

Pekanbaru (Nadariau.com) – Babinsa Kelurahan Padang Bulan, Peltu Suhermanto dan dua rekannya Pelda Sukirno dan Serda Roni T Nasution turun langsung beri pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta memberikan wawasan kebangsaan bagi peserta didik dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMP 12 Pekanbaru.

Peltu Suhermanto yang juga menjabat Babinsa Padang Bulan mengatakan kegiatan baris berbaris dan kedisplinan bagi peserta didik baru di SMPN 12 Pekanbaru sudah beberapa kali dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Padang Bulan.

Kegiatan ini bentuk sinergisitas antara sekolah dengan pihak Babinsa. Dalam PLS, materi yang diberikan berkaitan dengan baris berbaris seperti sikap sempurna, istirahat di tempat,
lencang kanan/kiri, setengah lencang kanan/kiri, lencang depan, berhitung, hadap kanan / kiri, hadap serong kanan/kiri, balik kanan dan lain sebagainya.

Sedangkan materi wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bagaimana siswa bisa mengisinya dengan meningkatkan kedisplinan,menjahui narkoba dan patuh kepada orangtua dan guru.

“Jadi inilah materi yang kita berikan kepada siswa baru, dengan harapan minimal mereka bisa menerapkan saat melaksanakan upacara bendera. Dasar baris berbaris sudah mereka pelajari sehingga saat upacara bendera disekolah, mereka bisa langsung menyiapkan barisan tanpa harus dikomando oleh guru,” kata Peltu Suhermanto, Selasa (9/7/2019).

Selain melatih peserta didik baru soal baris berbaris dan wawasan kebangsaan, Peltu Suhermanto mengatakan, selama ini koordinasi antara sekolah dan pihak Babinsa Kelurahan Padang Bulan sudah terjalin dengan baik.

Hal ini dibuktikan jika ada adik adik siswa yang kedapatan keluyuran di wilayah Kelurahan Padang Bulan saat jam belajar akan dilaporkan ke sekolah.

“Kalau kita jumpai ada siswa yang keluyuran atau cabut saat jam belajar diwilayah Kelurahan Padang Bulan, langsung kita koordinasikan dengan pihak sekolah,” tegas Suhermanto

Sementara itu Kepala SMPN 12 Pekanbaru Syafrida Ali melalui Waka Kesiswaan Gusneli mengatakan kegiatan PLS ini dimulai sejak, Senin (8/7) hingga, Rabu (10/7) Adapun kegiatan PLS meliputi hari pertama pengenalan lingkungan sekolah baik visi dan misi sekolah.

Hari kedua, pengenalan PPB dan wawasan kebangsaan oleh Babinsa dan hari terakhir, Rabu (10/7) penyampaian bahaya narkoba oleh BNN Kota Pekanbaru serta literasi dari Rumah Donggeng Kak Agus.

“Jadi ada pengenalan bahaya penyalahgunaan narkoba serta program literasi untuk meningkatakan minat baca siswa. Inlah materi pokok yang kita berikan kepada peserta didik baru,” kata Gusneli (ind)