AMG Demo Kejati Riau Terkait Dugaan Kelebihan Bayar di RSU Duri

Pekanbaru (Nadariau.com) – Aliansi Mahasiswa Gerak (AMG) Riau mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau untuk mendesak Kakejati Riau mengusut dugaan kelebihan bayar yang diduga dilakukan di Rumah Sakit Umum (RSU) Duri Kabupaten Bengkalis kepada rekanan PT Sinar Baru Mitra Jaya sebesar Rp1,1 miliar.

Dalam orasinya kordinator umum AMG Rinaldi Okta mengatakan kelebihan bayar ini merupakan hasil audit BPK Riau.

Untuk itu, massa meminta Kakejati Riau untuk memproses temuan BPK tahun 2017 tersebut, terkait kelebihan bayar pada proyek kamar operasi RSU Duri.

Atas terjadi kelebihan bayar Rp 1,1 miliar tersebut, PT Sinar Baru Mitra Jaya baru mengembalikan sekitar Rp 200 juta kepada pemerintah.

Untuk mengusut lebih dalam, AMG juga meminta Kakejati segera memeriksa PPK, PPTK dan KPA terkait. Karena diduga telah lalai dalam melakukan pengawasan. Mereka harus bertanggung jawab atas kelebihan bayar tersebut.

Kelebihann bayar ini diduga telah berpotensi merugikan negara. Karena adanya pembiaran terhadap kelebihan bayar kepada rekanan.

“Oleh sebab itu, kami mendesak Kakejati Riau untuk serius dalam menangani permasalahan ini. Agar kelebihan bayar itu bisa dikembalikan kepada negara,” kata Okta dalam orasinya.

Setelah puas berorasi massa dari AMG diterima dari perwakilan Kejati Riau melalui Humas Muspidauan mengatakan, pernyataan sikap dari mahasiswa ini akan diprosesnya dalam dua minggu.

“Setelah dua minggu tersebut silahkan AMG datang kembali ke Kejati untuk mendengarkan pemaparan hasil penyelidikan dari kami,” katanya.

Usai mendengar pemaparan dari Kejati Riau AMG membubarkan diri dengan tertib. (rls/ind)