Iven Pekanbaru International Dragon Boat Festival akan Jadi Agenda Tahunan

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pekanbaru Achievement Sports Tourism resmi dibuka, Jumat (21/3/2019) di Cagar Budaya Rumah Singgah Tuan Kadi, Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru.

Ketua Umum Komita Olahraga Nasioanal (KONI) Pekanbaru, Anis Murzil, memaparkan bahwa beberapa poin utama dalam penyelenggaraan Pekanbaru Achievement Sports Tourism.

Pertama kegiatan ini terlaksana dari ide yang ingin mengangkat olahraga dayung dragoan boad sebagai event tahunan dan masuk kedalam kalender Pekanbaru International Dragon Boat Festival (PIDBF).

“Jika sudah masuk pada kalender PIDBF, maka atlet-atlet nasional maupun internasional akan melirik, dan berkunjung ke Pekanbaru untuk melihat pertandingan ini,” sebut Anis, Jumat (21/6/2019).

“Kemudian dalam iven ini mempertandingkan deep water soloing atau panjat tebing yang diklaim sebagai iven pertama di Indonesia. Yang mana pada pelaksanaannya tidak menggunakan alat pengaman sama sekali, namun pemanjat tebing jatuhnya itu langsung jatuh ke air,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya untuk memajukan pariwisata dibidang olahraga dan semoga ini dapat membantu pemerintah dalam memajukan Sungai Siak sebagai salah satu destinasi wisata di Pekanbaru.

Tidak berbesar hati, Anis juga mengapresiasi keberhasilan dan kerjasama seluruh panitia dalam hal penyelenggaraan.

“Sebab persiapan pelaksanaan Pekanbaru Achievement Sports Tourism ini hanya dilakukan kurang lebih dua bulan,” imbuhnya.

“Alhamdulilah saat ini pelaksanaan Pekanbaru Achievement Sports Tourism terlaksana dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Kota Pekanbaru, Baharuddin, menyampaikan bahwa pemerintah mendukung penuh pelaksanaan iven yang diadakan oleh KONI Kota Pekanbaru, dan tahun depan akan dijadikan sebagai iven tahunan.

“Pekanbaru Achievement Sports Tourism pada tahun depan akan menjadi iven tahunan bertepatan dengan hari jadi Kota Pekanbaru, diharapkan pada pelaksanaan tahun depan akan banyak cabang olahraga yang dipertandingkan,” kata Baharuddin.

Usai memberikan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong dan race pertama dragon boat.

Peelu diketahui, iven ini akan berlangsung selama 3 hari, ybg dimulai pada Jumat 21 Juni hingga Minggu 23 Juni 2019. Dengan rangkaian pertandingan dragon boat, deep water soloing dan penampilan atraksi olahraga prestasi serta seni budaya melayu, yang juga disertai budaya dari paguyuban-paguyuban yang ada di Pekanbaru. (ind)