Dipersip Riau Gelar Kegiatan Mobilisasi Informasi Pelayanan Kearsipan di Pekanbaru

Dipersip Riau gelar kegiatan mobilisasi Informasi Pelayanan Kearsipan.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau menggelar kegiatan mobilisasi informasi pelayanan kearsipan di Hotel Furaya Pekanbaru (24/04/2019).

Sasaran kegiatan mobilisasi ini yaitu untuk siswa SMA/SMK sederajat di Pekanbaru dan pejabat dilingkungan Dipersip Riau. Tema sosialisasi kearsipan yaitu ‘Semoga sukses dari awal hingga akhir penyelenggaraan’.

Kadispersip Riau Dr Hj Rahima Erna MSI mengatakan, tujuan sosialisasi adalah guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat untuk membudayakan gerakan sadar tertib arsip.

Serta bagaimana menjamin terciptanya arsip yang autentik, sebagaimana alat bukti yang sah, identitas bangsa dan meningkatkan kreativitas pelayanan publik.

“Maksudnya untuk menciptakan sadar tertib arsip arsip di lingkungan pendidikan. Dan mengetahui peran arsip dalam menggapai masa depann siswa,” kata Erna.

Tertib arsip menurut Erna cukup penting, maka sekarang Dipersip telah menyelenggarakan kegiatan mobilisasi informasi pelayanan kearsipan.

Karena dapat meningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dan membudayakan gerakan sadar tertib arsip. Hal ini tentang pentingnya arsip sebagai bahan pertanggungjawaban.

Ketersediaan arsip sebagai hasil dari kewenangan hukum dan otoritas legal serta keberadaaan sarana bantu untuk mempermudah penemuan kembali dan pemanfaatan arsip.

Arsip berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara harus dijaga keutuhan, kemanan dan keselamtannya,”
Selanjutnya menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kemudian menyimpan dan melindungi arsip perseorangan, keluarga, organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan masing-masing sesuai dengan standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Erna.

Sebagai narasumber yaitu perwakilan dari Fungsional Arsiparis, Winarno Hamiseno. Peserta terdiri dari perwakilan siswa SMAN 6 Pekanbaru, SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 2 Pekanbaru, SMAN 4 Pekanbaru, SMAN 5 Pekanbaru, SMAN 1 Pekanbaru, SMKN 1 Pekanbaru, SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 3 Pekanbaru dan SMKN 5 Pekanbaru. (nik)

 154 total views