Hari Raya Waisak Nasional 2019 Digelar di Candi Muara Takus Kampar

Kampar (Nadariau.com) – Meski tiap tahun dirayakan di Candi Borobudur dan Candi Sewu, kini perayaan Hari Raya Waisak Nasional tahun 2019 digelar di Candi Muara Takus Kabupaten Kampar.

Ribuan umat Budha menghadiri puncak perayaan hari Tri Suci Waisak yang bertemakan “Mencintai Tanah Air Indonesia” tersebut. Tidak hanya itu, juga hadir Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi, Dirjen Bimas Budha Kemenag RI Caliadi, Ketum ICMI Jimly Ashidiqly, Ketum Permabudi Arief Harsono, Bupati kampar Catur Sugeng Susanto, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta, Sekda Kampar Yusri, tamu undangan.

Bupati Kampar menyebutkan, dengan adanya perayaan diharapkan bisa memberikan efek pariwisata untuk Kampar.

“Kedepan diharapkan kegiatan ini bisa menjadi lebih baik lagi, dan kita mengakui bahwa dengan adanya acara ini bisa memberikan efek pariwisata,” cetus Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengapresiasi peringatan hari Waisak. “Kita ikut mendukung agenda nasional ini, kedepan kami akan mengemas daerah kami ini sebaik mungkin. Kita bercita-cita ingin menjadikan Candi Muara Takus sebagai warisan dunia,” ungkap Syamsuar, Sabtu 25 Mei 2019.

Perayaan ini memiliki makna membangun kasih sayang bagi umat Budha, tambahnya lagi.

Resepsi perayaan Waisak akan berlangsung hingga tengah malam nanti. Selain itu juga akan digelar Festival Candi Muara Takus. Informasi yang dihimpun Nadariau.com, sejumlah 40 unit bus umat Budha memadati Candi Muara Takus. (Dw)