Kesbangpol Riau Gelar Pendidikan Wawasan Kebangsaan Angkatan II

Pekanbaru (Nadariau.com) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau kembali melanjutkan kegiatan yang sama untuk angkatan ke-II, pelaksanaan Pendidikan Wawasan Kebangsaan, di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Rabu (01/05/2019) malam.

Sebelumnya Badan Kesbangpol Riau juga telah melaksanakan kegiatan yang sama pada angkatan k-I pekan lalu. Sementara Pendidikan Wawasan Kebangsaan Angkatan ke-I dan ke-II ini, resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution SIp.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution SIp mengharapkan agar masyarakat tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan cara meningkatkan rasa wawasan kebangsaan.

“Kegiatan yang ditaja oleh Kesbangpol Provinsi Riau dapat dijadikan sebagai salah satu wadah untuk merajut kebersamaan, persaudaraan, saling toleransi, saling menghargai sehingga rasa cinta tanah air dan bangsa yang bhineka tunggal ika terus terjalin,” kata Edy Natar.

Edy Natar menjelaskan, NKRI merupakan bangsa yang besar dengan 240 juta penduduk dari berbagai suku bangsa dan bahasa tentunya banyak persoalan yang dihadapi.
Apabila rasa persatuan ini tidak dijaga maka bangsa yang besar ini bisa hancur dengan mudah.

“Makanya kita harus menjaga rasa persatuan dan kesatuan dengan menjalin rasa kebersamaan, persaudaraan sesama suku, agama dan adat istiadat,” jelasnya

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Chairul Riski mengatakan tujuan dilaksanakan Pendidikan Wawasan Kebangsaan untuk menyebarluaskan dan menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air kepada seluruh masyarakat di Provinsi Riau.

“Sehingga kedepannya, dengan wawasan kebangsaan akan tetap terpelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Riski.

Sementara itu Kabid Ideologi dan Wasbang Kesbangpol Sri Petri Haryanti mengatakan jumlah peserta Pendidikan Wawasan Kebangsaan Angkatan Kedua ini juga berjumlah 181 orang yang terdiri dari organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, organisasi pemuda, tenaga pendidik (guru), mahasiswa dan pelajar.

Narasumber yang didatangkan berasal dari Kemendagri Dr Prabawa, Kepala Kantor Kemenhan Provinsi Riau Kolonel Halomoan Freddy Sitinjak SH MH.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Sri Petri. (ind)