Peduli Akan Pelayanan Prima, Ani Kunjungi BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga saat berkunjung ke BPJS Cabang Pekanbaru.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengapresiasi inovasi yang diinisiasi Kantor Cabang Pekanbaru, yakni Compliance Express for Company (Co Ex) saat kunjungannya pagi ini, Kamis (25/04/2019).

Hal ini dinilai lebih efektif dan efisien. Terhitung hingga Maret 2019, pendapatan iuran telah mencapai Rp 467 juta.

Layanan Co Ex adalah layanan terpadu pemeriksaan data badan usaha yang langsung dijalankan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Layanan Co Ex ini sendiri sudah berjalan sejak Februari lalu dan berlokasi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru lantai 2.

Keunggulan Co Ex mengedepankan kepuasan peserta, efektif dan efisiensi operasional, dan pendapatan iuran. Pemeriksaan data langsung dikonfirmasi antara kedua belah pihak dan langsung diinput on the spot melalui elektronik data badan usaha (Edabu) dan electronic email (email).

Human Resource Department (HRD) PT Inti Kamparindo Sejahtera, Surya Ningsih, menyatakan memang eksekusi dari model pemeriksaan seperti Co Ex ini lebih cepat. Biasanya perlu dua hari hanya untuk mempersiapkan data karyawan.

“Karena ya, dulu itu pihak BPJS Kesehatan akan datang lagi, setelah kunjungan pertama. Jadi kurang praktis gitu rasanya karena di Co Ex bisa sekaligus diproses,” ujarnya saat dihampiri Ani.

Selain melakukan kunjungan, Ani, begitu ia biasa dipanggil juga sekaligus melakukan coaching clinic. Ani perlu mengingatkan kembali bahwa sebagai penyelenggara jaminan kesehatan nasional, BPJS Kesehatan harus mampu memberikan pelayanan prima khususnya kepada peserta.

“Layanan prima itu harus menjadi habit. Sehingga tidak ada lagi Duta BPJS Kesehatan yang masih bertanya-tanya, kenapa saya harus salam cuaca, kenapa saya harus menggunakan dua tangan dalam memberikan sesuatu dan sebagainya. Layani peserta sebagaimana kita ingin dilayani oleh orang lain,” pesan Ani sebelum akhirnya ia langsung menuju ke bandara karena harus kembali ke Jakarta siang ini. (ind)