Turun ke Duri, Kadiskop dan UMKM Bengkalis Hadiri Dua Kegiatan

Bengkalis (Nadariau.com) – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis Herman, Sabtu (9/2/2019) turun ke kota Duri Kecamatan Mandau untuk menghadiri dua kegiatan perkoperasian.

Yaitu RAT Koperasi CU Mandau Berkarya dan Penyuluhan Koperasi kepada himpunan Pedagang Pasar Mandau Dalam, dua kegiatan ini berlangsung sukses sesuai dengan yang direncakan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis Herman sangat mengapreasiasi  kepada seluruh masyarakat terkhususnya yang ada di Kecamatan Mandau yang mempunyai kesadaran tinggi untuk berkoperasi.

“Kita dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis sangat bangga kepada KSP Mandau berkarya yang beranggotakan lebih dari 800 orang, dengan memiliki omset sangat luar biasa yaitu mencapai sekitar 3 Miliar,” ujar Herman

Ditambahkan Herman, Saat ini sektor Koperasi dan UMKM masih dirasakan belum optimal dalam memberikan konstribusi perekonomian di Kabupaten Bengkalis padahal potensi yang ada sangat tinggi.

Kondisi inilah yang sedang digiatkan agar Koperasi serta UMKM dapat memberikan sentuhan atau berdampak penting terhadap perekonomian masyarakat kita.

“Berdasarkan data terakhir terdapat lebih dari 300 koperasi yang aktif dan sekitar 40.000 pelaku UMKM di daerah ini, Jika Koperasi dan UMKM ini dalam kondisi sehat, tangguh dan mandiri, tentunya akan memberikan peningkatan taraf ekonomi yang sangat signifikan terhadap masyarakat Kabupaten Bengkalis,” terangnya.

Dikatakannya, Diskop memberikan penyuluhan kepada himpunan pedagang pasar mandau di Aula Pasar raya dengan anggota awal lebih dari 70 orang, Keinginan dari himpunan pedagang pasar mandau raya adalah untuk melegalkan pendirian lembaga koperasi secara resmi atau terdaftar pada Dinas Koperasi Kabupaten Bengkalis.

Menurut Herman salah satu langkah yg dilakukan oleh instansi yang dipimpinnya adalah, mendorong tumbuhnya kelembagaan koperasi yang aktif dan professional dengan usaha yg dapat mensejahterakan anggota koperasi.

Herman juga menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan program pembinaan tersebut secara continue agar Koperasi maupun UMKM bisa benar-benar sehat dan mandiri.

Dia menjelaskan pihaknya mengikuti arahan Bupati Bengkalis Amril Mukminin untuk meningkatkan keseriusan Dinas Koperasi UKM dalam memberikan pembinaan dan pelayanan maupun pembinaan kepada kelompok masyarakat di seluruh kabupaten Bengkalis

“Sejalan dengan arahan Bupati. Kita sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mempunyai kesadaran tinggi untuk berkoperasi untuk menunjang perekenomian mereka,” tandasnya. (nto)