Tiga Usulan Ranperda Pemkab Disetujui DPRD Rohul

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Rohul Abdul Muas, Wakil Ketua Hardi Chandra. Dari pihak eksekutif dihadiri Sekda Rohul Abdul Haris Ssos MSi.

Rohul (Nadariau.com) – Tiga Ranperda yang diusulkan Pemkab Rokan Hulu (Rohul) disetujui oleh  oleh DPRD Rohul. Ranperda ini disampaikan dalam rapat paripurna  dengan agenda penyampaian pandangan fraksi-fraksi, Senin (25/02/2019).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Rohul Abdul Muas, Wakil Ketua Hardi Chandra. Dari pihak eksekutif dihadiri Sekda Rohul Abdul Haris Ssos MSi, beserta Forkopimda, Anggota Dewan, ASN dan para undangan.

Dalam rapat tujuh fraksi yang ada di DPRD Rohul menilai, ketiga Ranperda yang diusulkan ini sangat perlu dibuat dan dijalankan di Rohul.

Tiga usulan Raperda itu yakni Ranperda Perlindungan Anak, Ranperda Ketertiban Umum dan Ranperda Masjid.

Sementara penyampaian pandangan fraksi-fraksi untuk Fraksi Partai Demokrat di bacakan oleh Sahra, Fraksi Partai Golkar di baca Kasmawati Spd Mip dari Fraksi PDIP di baca Sumartini, Fraksi Gerindra di baca Nofriwanda, Fraksi Partai Nasdem, Ali Amran, Fraksi PAN di baca Sahril Topan, Fraksi PKS dan Hanura di baca oleh Baihaq Adduha.

Pada kesempatan ini, Sekda Rokan hulu Abdul Haris‎ SSos MSi mengatakan, bahwa ke 3 Ranperda sudah diajukan Pemkab Rohul ‎ beberapa waktu lalu, adapun Ranperda perlindungan bertujuan untuk melindungi perempuan dari kekerasan.

Untuk Ranperda Ketertiban Umum yakni supaya masyarakat bisa kondusif dalam melaksanakan aktivitas sehari – hari, Ranperda Masjid juga kita buat supaya tidak ada pelanggaran dalam didikan agama serta ajaran yang sesat.

“Sementara Perda merupakan penjelasan dari Undang-Unda‎ng, menyesuaikan dengan kondisi daerah dan dapat mengakomodir kearifan lokal,” tutup Abdul Haris. (Galery/tra)