BPBD Bersama Warga Setempat Berjibaku Padamkan Api di Rupat Bengkalis

Bengkalis (Nadariau.com) – Lebih dari 100 petugas dari berbagai instansi terkait saat ini masih berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Petugas juga turut dibantu sekitar 100 orang warga setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap siagaan Darwissam, Ahad (24/2/2019) menjelaskan, 100 orang petugas tersebut diantaranya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat 4 orang, BPBD Provinsi Riau 6 orang, BPBD Kabupaten Bengkalis 10 orang, BPBD Kecamatan Rupat 2 orang, Dinas Pemadam Kekabaran Kecamatan Rupat 6 orang, personil Polres Bengkalis 40 orang dan anggota TNI 40 orang.

Membuat Akses Jalan

Darwissam menjelaskan, beratnya, jauh dan belum adanya akses ke lokasi Karhutla terjadi, membuat mereka harus membuat jalan baru. Kemudian, akibat sulitnya sumber air dan untuk memudahkan pemadaman, mereka juga melakukan pembendungan air di beberapa titik.

“Alhamdulillah, ada sekitar 100 warga yang ikut membantu kami,” ujar Darwis.

Masih menurut Darwis, sebelum dilakukan pemadaman, Sabtu malam, 23 Februari 2019, diadakan rapat koordinasi pembagian tugas pemadaman.

Hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Roslin Lamtarida dan staf (BNPB Pusat), Kabid Sarana dan Prasarana BPBD Provinsi Riau yang diwakili H Yanto, BPBD Kecamatan Rupat Rafikurniawan, Kapolsek Rupat Masrial, Koramil Rupat dan Lurah Terkul Mujimin.

Rapat yang langsung dipimpin Camat Rupat Hanafi tersebut, kata Darwis, bertujuan untuk pembagian lokasi pemadaman di beberapa titik.

Sedangkan pagi tadi, sambungnya, dilakukan apel bersama Camat Rupat, BNPB Pusat, Kapolsek Rupat, Koramil Rupat, anggota TNI, anggota Polri, BPBD Provinsi, BPBD Kecamatan Rupat, Manggala Agni, PT Sinar Mas dan Damkar Kecamatan Rupat.

Pada apel yang ditaja di halaman kantor Camat Rupat itu, sambungnya, BPBD Provinsi Riau menyerahkan alat dari BNPB Pusat untuk menambah peralatan pemadaman.

“Pemadaman hari ini dilakukakan bersama di beberapa titik di jalan Kandis, jalan Kampung baru, jalan Kelurahan Terkul serta di jalan Sekda Kelurahan Pergam,” jelas Darwissam.

Mendapat Dukungan Sejawat

Kerja keras tim untuk memadamkan Karhutla di Rupat mendapat dukungan moril dari sejumlah sejawat Darwissam di grup WhatsApp (WA) ‘Forum Komunikasi Kabid PD’ (Kepala Bidang Perangkat Daerah di Pemkab Bengkalis).

“Semoga Pak darwis dan anggota bisa memadamkan api dengan cepat dan dilindungi Allah SWT. Aamiin YRA,” tulis Indrawati, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos.

“Ya Allah, lindungilah mereka dalam menjalankan tugas dan berikanlah mereka kesehatan,” doa Hengki Irawan, Kabid Ketertiban Umum dan PPD Satpol PP.
“Mantap. Hidup BPBD,” ujar Tirta Adhi Kasmi, Kabid Olahraga Dinas Pariwisata, kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga. (MCBengkalis/Diskominfotik)