Tim Relawan KPU Pekanbaru Gelar Sosialisasi Pemilu di Posyandu Beringin

Tim relawan KPU basis perempuan.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Untuk meningkatkan partisipasi jumlah pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Tim Relawan KPU Pekanbaru Basis Perempuan melakukan sosialisasi di Posyandu Beringin, Jalan Tanjung Baru Kelurahan Pesisir, Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru, Selasa (12/02/2019).

Ketua Tim Relawan KPU Basis Perempuan, Yazinar Afriazie mengatakan, tim melakukan sosialisasi setelah para ibu-ibu melakukan imunisasi di Posyandu.
Sambil ngasuh anak, tim relawan memberikan penerangan terhadap tatacara pemilihan dan atau cara pencoblosan di TPS pada Rabu 17 April 2019 nanti.

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan semua masyarakat bisa melakukan pencoblosan surat suara dengan baik nanti. Dan dengan pengetahuan yang diberikan, semua masyarakat tidak canggung untuk bersama sama datang ke TPS,” kata Yazinar.

Ia menjelaskan, surat suara ada lima lembar, yaitu surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden (Warna abu-abu) serta DPD RI (Warna merah) pakai gambar foto.

Tetapi untuk surat suara DPR RI (Warna kuning), DPRD Provinsi (Warna Biru) dan DPRD kabupaten/kota (Warna hijau) tidak ada memakai gambar foto, namun hanya menggunakan nomor, logo parta dan nama calon.

Oleh sebab itu, coblos ditengah-tengah nama calon, atau logo paartai dan atau nomor partai. Jangan kena garis maupun diluar kotak, karena suara akan hangus.

“Mari sama-sama kita ramaikan pesta demokrasi Pemilu 2019 dengan baik. Ajak suami, anak, keluarga, lingkungan dan karib kerabat sadar memilih tahun ini. Agar kita bisa menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan,” ajak Yazinar. (ind)