Diskes Riau Implementasikan Program Germas Kepada Masyarakat

Pekanbaru (Nadariau.com) – Diawal tahun 2019, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Riau melaksanakan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diadakan di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau di jalan Cut Nyak Dien III, Pekanbaru pada Kamis, 10 Januari 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, kegiatan ini diawali dengan senam bersama oleh seluruh staf dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan.

Pada kegiatan ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga mengundang pedagang buah dan sayur untuk berdagang disana sebagai sarana penyedia makanan sehat.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai aplikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sesuai Inpes No 1 Tahun 2017. Mengingat banyaknya penyakit tidak menular yang diderita masyarakat.

“Seperti stres, stroke ataupun darah tinggi yang mungkin saja disebabkan oleh tekanan dari berbagai bidang,” kata Mimi, Rabu (16/01/2019).

Kegiatan dimulai pagi hari, diawali dengan melakukan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan Cholesterol, Glukosa Darah, Asam Urat, Indeks Masa Tubuh, Tekanan Darah.

Serta acara minum jamu bersama, yang diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga ASN dari organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang berkantor tidak jauh dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan masyarakat sekitar yang memanfaatkan stand pemeriksaan kesehatan yang disediakan disana.

Kegitan ini dilakukan sebagai bentuk implementasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Dengan adanya kegiatan ini maka nantinya akan kelihatan kondisi kesehatan atau kebugaran dari peserta yang mengikutinya, apakah ada yang baik kesehatannya, ada yang cukup atau ada yang kurang.

“Maka dari hasil tersebut peserta dapat menentukan langkah apa yang harus dilakukan guna meningkatkan kesehatannya agar lebih baik lagi,” ujar Mimi. (pia)