Jalur Padang-Bukittinggi Bisa Dilewati, Jembatan Darurat Selesai

Padang (Nadariau.com) – Jembatan darurat Sungai Kalu, 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat, selesai dirakit.

Hari ini, kendaraan dengan bobot maksimal 12 ton sudah bisa melintasi jalur Padang-Bukittinggi dengan sistem buka tutup di lokasi jembatan.

Informasi yang dihimpun media, Minggu, 16 Desember siang, pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional III sudah melakukan uji coba jembatan dan memutuskan jembatan sudah bisa dibuka untuk umum.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional III, Aidil Fikri melakukan pembukaan jembatan darurat dengan doa bersama.

“Untuk awal, karena kendaraan sudah menumpuk, kita akan buka jalur dari arah Bukittinggi ke Padang. Selanjutnya kita serahkan ke pihak yang berwenang, yaitu kepolisian dan perhubungan,” ujarnya di lokasi.

Kanit Patroli, Satlantas Polres Padang Pariaman, Ipda Raflis yang ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya akan menempatkan empat personel di lokasi, yaitu dua di pangkal jembatan arah Padang dan dua lagi di pangkal jembatan arah Bukittinggi.

“Untuk truk belum bisa lewat dan tetap dengan metode pengalihan arus. Sementara untuk kendaraan pribadi dan bobot di bawah 12 ton bisa lewat jembatan darurat ini dengan sistem buka tutup,” ujarnya. (kabarsumbar/nrc)