Ustadz DR Mustafa Umar LC MA Ceramah Pengatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Haq

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pengurus Masjid Nurul Haq mengelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah, Jumat (23/11) malam.

Adapun ustadz yang memberikan ceramag agama yakni ustadz DR H Mustafa Umar LC MA. Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu dilaksanakan usai salat isya berjamaah.

Terlihat ratusan jamaah hadir dalam acara tersebut.Tak luput pula hadir, calon anggota legislatif DPRD Kota Pekanbaru Abdul Khair Ssos, Camat Marpoyan Damai, Fiora Helmi SSTP.

Dalam ceramahnya ustad Dr H Mustafa Umar menyampaikan, bahwa mengapa umat Islam sangat penting untuk memperingati Maulid Nabi Muhammada SAW ini.

Sebab menurutnya, karena kehadiran Nabi Muhammad SAW kedunia untuk memberikan cahaya dari kegelapan. Terlebih lagi, zaman dulu banyak sekali kaum-kaum yang ada baik di wilayah barat dan timur berbuat yang salah seperti menyembah berhala, syirik, berbuat zalim dan melangar perintah dari Allah SWT.

”Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW ini diutus oleh Allah SWT untuk menerangkan cahaya dari kegelapan. Karena jika ada cahaya yang terang benderang, tentu manusia bisa melihat semuanya. Selain itu, memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik, sehingga manusia tidak melangar perintah dari Allah SWT,” ujar Mustafa Umar.

Diterangkan Mustafa Umar, ada hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidpuan ini. Karena tiga hal ini sangat berkaitan penting yakni, waktu, tempat dan keadaan.

”Jadi ketiga hal ini yang bisa merubahnya yakni manusianya sendiri.Maka dari itu, kita sebagai umat islam harus mengerti dan memahami dengan tiga hal tersebut, sehingga kita tidak termasuk kedalam orang yang merugi,” ujar Mustafa Umar.

Mustafa Umar menambahkan, dengan diperingatinya Maulid Nabi Muhammad SAW ini, maka sangat jelas sekali Nabi Muhammad SAW ini kehadiran beliau di muka bumi ini menjadikan manusia dari alam kegelapan ke alam yang terang benderang seperti saat ini.

“Karena beliau (Nabi Muhammad SAW red) dijaga dan dididik oleh Allah SWT. Apapun pekerjaan dan tingkah lakunya tentu yang membimbingnya Allah SWT. Oleh sebab itu, beliau sangat patuh dan taat dengan perintah Allah SWT,” sebut Mustafa Umar.

Lebih jauh dikatakan Mustafa Umar, oleh sebab itu dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini maka diharapkan kepada kita agar bisa mentauladani sifat dan priaku yang baik dari dalam diri Nabi Muhammad SAW ini.

”Kepribadian Nabi Muhammad SAW sangat mulia dan memiliki pekerti yang terpuji. Oleh sebab itu, apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ini bisa kita contoh dalam  kehidupan kita sehari-hari,” harap Mustafa Umar.

Sementara itu, Camat Marpoyan Damai Fiora Helmi SSTP yang hadir dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu mengatakan bahwa ia mengucapkan terima kasih kepada pengurus Masjid Nurul Haq yang telah memberikan kesempatan dalam menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan dan permasalahan yang ada di Kecamatan Marpoyan Damai, khususnya di Kelurahan Tangkerang Barat ini.

”Saya atas nama pihak Kecamatan Marpoyan Damai mengapresiasi kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW  yang dilaksanakan oleh pengurus Masjid Nurul Haq ini. Semoga kedepan, dengan memperingati momen ini, tentunya kita semua dan generasi muda lebih mencintai Nabi Muhammad SAW . Karena Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT yang perlu kita tauladani prilakunya,” ujar Fiora.

Ditambahkan Fiora, dengan adanya kegiatan ini maka generasi muda yang ada di Kecamatan Marpoyan Damai, khususnya di Kelurahan Tangkerang Barat ini kedepannya diharapkan menjadi generasi muda yang madani.

”Sesuai visi dan misi Walikota Pekanbaru yakni menjadikan Pekanbaru smart city yang madani. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang generasi muda harus ditempa dan diberikan ilemu tentang agama, sehingga kedepannya mereka akan patuh dan taat menjalankan perintah dari Allah SWT,” harap Fiora. (ind)