Ayo Ikutan, Google Gelar kompetisi berhadiah Rp 380 miliar

Jakarta (Nadariau.com) – Demi menggenjot pengembangan penggunaan kecerdasan buatan (AI), Google mengadakan sebuah kompetisi global berhadian USD 25 juta atau sekitar Rp 380 miliar.

Kompetisi ini bernama AI Impact Challenge, yang diumumkan dalam sebuah acara bernama Ai for Social Good di kantor pusat Google di Sunnyvale, California.

Tujuan dari kompetisi ini adalah menggenjot pengembangan aplikasi dan penelitian yang mempunyai dampak positif bagi lingkungan dan komunitas.

Kompetisinya sendiri diurus oleh Google.org, salah satu anak usaha Google yang bergerak di bidang sosial. Inti dari kompetisi ini adalah mencari ide baru penggunaan AI untuk menyelesaikan masalah di sejumlah topik, seperti ilmu lingkungan, kesehatan, dan konservasi alam liar.

Sebagai contoh, Google menyebut saat ini AI sudah digunakan untuk mendeteksi lokasi paus dan mengidentifikasi suara paus.

Data ini bisa digunakan untuk melindungi mamalia itu dari lingkungan sekitar ataupun ancaman alam liar.

AI pun bisa dipakai untuk memprediksi banjir dan mengidentifikasi kawasan hutan tertentu yang rawan kebakaran, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (30/10/2018).

Kompetisi ini sejalan dengan kebijakan AI for Social Good milik Google yang dicanangkan pada awal Juni lalu. salah satu isi kebijakan itu adalah Google tak akan mengembangkan AI untuk persenjataan dan penelitian AI serta pengembangan produknya akan dipandu oleh sejumlah prinsip-prinsip etika, juga fokus utama dari penelitian AI-nya adalah pada proyek yang bermanfaat secara sosial.

We’re announcing our AI for Social Good program, applying @GoogleAI expertise to projects w/ positive societal impact. We invite researchers & orgs to submit ideas for the #GoogleAIImpact Challenge: @googleorgwill fund $25M in grants to chosen projects https://t.co/W3BMoueTYo

— Sundar Pichai (@sundarpichai) October 29, 2018

Tonton juga ‘Apa Tujuan Facebook Akuisisi Perusahaan AI?’:

(nrc)