Sebagian Kelompok Tani Batal Terima Hibah Sapi di Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Akibat defisit anggaran yang terjadi saat ini banyak berdampak pada batalnya beberapa kegiatan yang sudah diprogramkan di tahun 2018.

Salah satunya program hibah ternak sapi yang diperuntukkan bagi kelompok tani yang ada di 12 Kabupaten/Kota se Riau.

“Tidak semua daerah yang batal pelaksanaan penerimaan hibah sapi terhadap kelompok tani. Tapi kontraktor pengadaan yang tidak mau melakukan tunda bayar saja,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau, Karmila Sari, Jumat (19/10/2018).

Politisi partai Golkar ini menjelaskan lagi, untuk pengadaan ternak sapi yang dilakukan di Dinas Peternakan dan Pertanian dengan jumlah sampai ratusan itu tidak dilakukan pada satu kontraktor saja.

Tapi ada beberapa paket dan diperuntukkan untuk daerah atau kabupaten/kota tertentu.

Ada yang mau dan ada yang tidak. Seperti untuk kontraktor yang di Kabupaten Rokan Hulu dan di Indragiri Hulu tidak mau dilakukan tunda bayar, yang lain mau.

Sementara untuk dilakukan tender ulang sudah tidak memungkinkan karena sudah dipenghujung tahun. Meski demikian program ini akan diupayakan diluncurkan di tahun 2019.

“Perpanjangan program ini sudah disampaikan ke Pusat,  mengingat kelompok tani sudah berharap dan membuat kandang dan lainnya,” kata Karmila . (ind)