Puluhan Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Pra – Nikah di Kemenag Rohul

Rohul (Nadariau.com) – Puluhan calon pengantin mengikuti bimbingan pra – nikah di kantor Kementrian Agama Rohul. Acara ini dilaksanakan melalui bidang Bimas Islam. Sementara Bimas tersebut sebagai dinamika perkawinan bagi calon pengantin.

Pesertanya berasal dari Kecamatan Rambah, Bangun Purba, Rambah Samo dan Kecamatan Rambah Hilir di Kabupaten Rokan Hulu.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rohul Marthillevi Saleh, Kamis (27/09/2018) mengatakan, bimbingan tersebut akan dilaksanakan tiga hari berturut – turut bagi calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan. Dan materi yang disampaikan seperti tanggung jawab seorang suami dan istri dalam membina rumah tangga.

“Program ini merupakan dari Kementrian Agama yang harus dilaksanakan oleh masing Kementrian Agama, baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten,” jelas Marthillevi.

Sebelumnya bimbingan pra – nikah dilaksanakan di kantor urusan agama (KUA) masing – masing. Namun tahun ini sudah dirubah, dimana pelaksanaanya dipusatkan ditempat yang ditentukan.

Untuk bimbingan pra – nikah yang dilakukan tidak lagi mengacu kepada tes seperti sebelumnya. Dimana tahun – tahun lalu masing – masing calon pengantin dites mengaji dan hafalan pendek lainnya. Sehingga sekarang tidak ada lagi ketakutan bagi pengantin mengikuti bimbingan pra – nikah,” jelas Marthillevi.

Untuk kecamatan lainnya juga melakukan bimbingan pra – nikah yang dipusatkan di suatu tempat maupun KUA. Karena calon pengantin ini nantinya akan mendapat sertifikat bimbingan dari Kemenag Rohul.

“Bimbingan pra – nikah ini peserta Catin tidak lagi dilakukan tes seperti mengaji karena tidak semua Catin bisa mengaji maupun hafalan ayat pendek lainnya,” tutup Marthillevi.

“Bahwa bimbingan yang dilakukan Kemenag Rohul sangat bermanfaat bagi calon pengantin yang akan membina rumah tangganya,” kata salah seorang Catin Ari. (tra)