13 Bacaleg dari Kabupaten Kepulauan Meranti Dicoret KPU

Meranti (Nadariau.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) di daerahnya.

Selama verifikasi administrasi terhadap berkas persyaratan sampai penetapan DCS, berkurang atau dicoret (diskualifikasi) sebanyak 13 orang.

“Saat pendaftaran, KPU Meranti telah menerima 431 orang Bacaleg berasal 16 Parpol. Dari jumlah tersebut hanya terdapat 418 Bacaleg yang lolos verifikasi penetapan DCS oleh KPU Kepulauan Meranti,” ujar Ketua KPU Kepulauan Meranti Abdul Hamid, Minggu (12/08/2018) seperti dikutip dari riau potenza.

“Yang tidak lolos terdapat 13 orang Bacaleg. Hingga saat ini hanya 418 Bacaleg yang lolos di tahap perbaikan dan pergantian yang berakhir pada 31 Agustus 2018 lalu,” ujarnya.

Bacaleg yang didiskualifikasi umumnya karena Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keternagan Kesehatan (SK), serta Surat Keterangan tidak pernah dipidana dari Pengadilan Negeri Bengkalis.

“Kebanyakan karena SKCK dan surat keterangan dari pengadilan tidak ada,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, selama tahapan verifikasi syarat administrasi, ada partai yang tetap mengajukan Bacaleg yang belum memenuhi syarat.

Dalam rapat yang digelar KPU pada Jumat (10/08/2018) kemarin, tidak ada satupun perwakilan Parpol yang menyanggah susunan DCS yangvdiajukan pihaknya.

Tambahnya lagi, saat ini Pengumuman DCS telah dilakukan melalui media massa, elektronik, hingga spanduk-spanduk yang dipasang di sejumlah titik.

Untuk itu pihaknya telah membuka kesempatan bagi masyarakat yang memberi tanggapan sejak awal diumumkan sejak awal pengumuman DCS hingga tanggal 21 Agustus 2018 mendatang.

Bila ada tanggapan masyarakat atas DCS yang diumumkan, KPU akan meminta klarifikasi Parpol pada 29-31 Agustus.

“Jika ada Bacaleg dari DCS yang ternyata bermasalah, kami akan minta Parpol segera menggantinya paling lambat pada 3 September 2018,” ujarnya. (rul)