DPRD Riau Akan Standarkan Sekolah Swasta dengan Negeri

Pekanbaru (Nadariau.com) – DPRD Provinsi Riau akan standarkan kualitas dan kuantitas sekolah swasta dengan sekolah negeri. Sekolah tersebut yaitu sekolah dibawah naungan provinsi. Seperti SMA/SMK/SLBA dan sekolah sederajat.

Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldi Jusman mengatakan, tujuan menstandarkan sekolah swasta dengan negeri yaitu untuk pemerataan pendidikan.

Dimana, sekarang orang lebih memburu sekolah negeri dari sekolah swasta. Sudah pasti penilaiannya sekolah negeri tersebut lebih baik dari swasta.

“Sehingga saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jumlah pendaftar di sekolah negeri membludak dan jauh dari kuota sekolah,” kata Noviwaldy di gedung DPRD Riau, kamis (12/07/2018).

Namun kedepan, paradigma masyarakat yang lebih mengutamakan sekolah negeri akan dirubah. Sebab sekolah swasta akan di subsidi dan dibenahi seperti sekolah negeri.

Terkait iuran per bulan tidak boleh jauh bertikai dari iuran sekolah negeri. Termasuk segala peraturan akan disamakan disetiap sekolah.

Dengan cara ini diharapkan mampu mewujudkan pendidikan yang berkeadilan di Provinsi Riau. Tidak ada lagi anak tidak sekolah karena terkendala biaya.

“SLTA baru pindah dari kabupaten/kota ke provinsi. jadi kita akan membenahi segala kekurangannya. Sehingga wajib belajar 12 tahun bisa diwujudkan di Riau,” ujar Noviwaldy. (ind)