Plt Bupati Siak Alfedri Tabur Bunga di Makam Sultan Syarif Qasim II

Plt Bupati Siak Alfedri beserta jajaran, tabur bunga di Makam Sultan Syarif Qasim II.

[divide]

Siak (Nadariau.com) – Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Semua pihak terus mengamalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Hal tersebut yang dikatakan Plt Bupati Siak dalam membacakan pidato presiden Republik Indonesia pada Peringatan Hari lahir Pancasila di Lapangan Tugu depan Istana Siak, Jumat kemarin.

Usai peringatan tersebut, Plt Bupati Siak H Alfedri juga melakukan Ziarah ke Makam Sultan Syarif Qasim II.

Negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk.

Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak bersatuan dan ketidak-gotong-royongan.

Saatnya berbagi pengalaman dalam berbhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan.

Saatnya pula berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dalam pidato Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Plt Bupati Siak menyebutkan, atas nama seluruh rakyat Indonesia, Presiden menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar besarnya kepada para Founding Fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang dinikmati saat ini.

Disampaikan pula, ucapan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, Presiden juga mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Usai dilaksanakannya Upacara, Plt Bupati Siak H Alfedri bersama Rombongan Forkopimda maupun para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak melakukan ziarah ke makam Sultan Syarif Qasim ll. (ina)