Satu Bandar Dua Kurir Pelaku Narkoba Ditangkap Polres Inhu

Dua pelaku narkoba

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Tim Sat Narkoba Polres Inhu menangkap tiga pelaku narkoba jenis Sabu berhasil diringkus, pada Jum’at (01/06/2018) kemarin.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan sejumlah Barang Bukti (BB), yakni Sabu dan plastik bening pembungkus narkoba jenis Sabu.

Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting SIk melalui Kasat Narkoba Polres Inhu AKP Zainal Arifin SH MH menjelaskan kronologis penangkapan ketiga pelaku.

Dikatakan Zainal, penangkapan pelaku narkoba ini bermula dari diringkusnya dua kurir bernisial Bm dan Yn, keduanya warga Desa Batu Rizal Hilir, Kecamatan Peranap Kab Inhu pada Jum’at (01/06/2018). Dari tangan kedua kurir ini petugas mengamankan satu paket kecil Sabu siap edar.

Kemudian, saat dilakukan pengembangan, kedua kurir itu mengaku kalau barang haram tersebut diperoleh dari rekannya berinisial RS.

Selanjutnya, Kasat Zainal memerintahkan Kanit Opsnal Aiptu Joko Yuwono untuk menangkap orang yang di maksud, yakni RS, pemilik (bandar) Sabu.

“Anggota kita pada Jum’at (01/06/2018) malam kemarin sekira pukul 19.00 WIB telah mengamankan tiga pelaku narkoba. Ketiganya kita tangkap di dua lokasi berbeda. Untuk dua tersangka kurir, Bm dan Yn kita tangkap saat menunggu pembeli di suatu tempat di Desa Batu Rizal Hilir, sedangkan tersangka RS (bandar) ditangkap dirumahnya,” jelas Kasat Narkoba Polres Inhu AKP Zainal Arifin SH MH, Sabtu (02/06/2018).

Dijelaskan Zainal, kedua kurir itu mengaku Sabu tersebut bukan miliknya dan mereka hanya akan mengantarkannya saja kepada seseorang (calon pembeli-red).

Mereka berdua dijanjikan oleh tersangka RS bisa makai sabu gratis dan dapat uang rokok dari hasil penjualan.

Zainal kembali menambahkan, saat kedua kurir ditangkap, dilakukan pemancingan agar tersangka RS datang ke tempat kedua pelaku. Ketika tersangka RS tiba langsung dilakukan penangkapan. Kepada petugas, RS mengaku kalau Sabu itu miliknya.

Saat tersangka RS digeledah, petugas tidak menemukan barang bukti. Namun RS mengaku kalau dia ada menyinpam Sabu di suatu tempat.

Tersangka RS yang berdomisili di Pasar Baru Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, Kab Kuansing ini mengaku ada menyimpan Sabu di Bukit Berbunga Kelurahan Pasar Baru Baserah.

Tim langsung menuju ke lokasi yang disebutkan RS dan benar adanya, petugas menemukan 11 (sebelas) paket Sabu siap edar yang disimpan didalam plastik hitam.

Dari tangan ke tiga pelaku petugas berhasil mengamankan barang bukti, antara lain 11 paket Sabu siap edar dengan berat 4,51 gram, 1 buah plastik pembungkus warna hitam, 1 buah HP merek Samsung lipat dan uang tunai Rp300 ribu. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, ke tiga tersangka berikut barang bukti diamankan di sel tahanan Polres Inhu. (dan)