Warga Ditepian Sungai Batang Lubuh Rohul Harus Waspada

Air di Sungai Batang Lubuh Rohul sudah naik dan hampir dapat bibir jembatan.

[divide]

Rohul (Nadariau.com) – Tingginya beberapa hari ini curah hujan didaerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengakibatkan air Sungai Batang Lubuh mulai melimpah kepemukiman warga.

Diharapkan warga Rohul harus lebih waspada karena  kemungkinan besar akan terjadi banjir terutama untuk Desa Babusalam dan Rambah Tengah Hulu (RTH) Pawan Kecamatan Rambah.

Pasalnya sampai sore ini kondisi air Batang Lubuh terus bertambah, hal ini sesuai dari pantauan dari jembatan Batang Lubuh, bahkan terlihat air sungai  terus naik dan beberapa material dari hulu sungai seperti  potongan kayu dan arus sungai terlihat deras.

Melimpahnya air Sungai Batang Lubuh disebabkan karena tingginya  curah hujan dalam satu minggu terakhir.

Dengan kondisi sungai yang terus bertambah, diprediksi Kabupaten Rokan Hulu akan terjadi banjir. Seperti didaerah Desa Rambah Tengah Hulu Pawan yang berbatasan langsung dengan bukit barisan,  babusalam, rambah samo.

Dan termasuk di daerah kecamatan kepenuhan, seperti Ulak Patihan dan Desa Rantau benuang sakti. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh berdasarkan banjir sebelumnya.

Dengan tidak stabilnya turun hujan, diharapkan kepada warga lebih waspada  karena banjir bisa saja terjadi.

Apalagi dari pantuan media dilapangan, air sudah mulai masuk kepemukiman warga namum belum merendam rumah warga yang menyebabkan banjir. (Tra)